Kunjungan Studi Banding STIKES Muhammadiyah Bojonegoro

Sebanyak 50 mahasiswa mahasiswi dan 2 dosen dari program studi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan STIKES Muhammadiyah Bojonegoro mengunjungi RS Panti Rapih Yogyakarta pada hari Rabu, 11 Januari 2023 dalam rangka studi banding. Studi banding tersebut membahas tentang aktivitas perekam medik dan penerapan sistem informasi rumah sakit termasuk sistem Rekam Medis Elektronik.

Rombongan diterima langsung oleh Bapak Aemilianus Yollan Permana, M.M., Ak (Direktur Keuangan RS Panti Rapih), dilanjutkan sambutan dari dosen STIKES Muhammadiyah Bojonegoro yaitu Bapak Tegar Wahyu Yudha, S. ST, M. KM.  Pemaparan Company Profile RS Panti Rapih oleh Ibu Maria Theresia Vita Puji, S.I.Kom (Kepala Humas), dilanjutkan penyampaian materi terkait oleh Bapak Robertus Yogi Saputro, A. Md.RMIK (Kepala Instalasi Rekam Medis) dan Ibu Christiana Wahyunita Arum Melati, S. Kom (Kepala Sub Instalasi Software dan Pengembangan Aplikasi).

Peserta studi banding mendapatkan penjelasan terkait rekam medis elektronik di Pelayananan, meliputi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Pendaftaran Pasien Rawat Inap, Pengolahan Data, Surat Keterangan Medis, Assembling, dan alih media rekam medis manual ke rekam medis elektronik.

 

Kegiatan studi banding dilanjutkan dengan telusur lapangan, yang terbagi atas 5 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan penjelasan seputar aktivitas pelayanan serta sarana yang digunakan oleh perekam medik RS Panti Rapih. Beberapa area pelayanan yang dikunjungi, antara lain Instalasi Rekam Medis, Pendaftaran Rawat Jalan, dan Pendaftaran Rawat inap.

 

Acara ditutup dengan penyampaian testimoni dari perwakilan dosen pembimbing dan perwakilan mahasiswi STIKES Muhammadiyah Bojonegoro, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh Bapak Markus Suryo Nugroho, M.P.H selaku Kepala Instalasi Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian RS Panti Rapih Yogyakarta kepada STIKES Muhammadiyah Bojonegoro.

 

Terima kasih atas kunjungan studi banding oleh STIKES Muhammadiyah Bojonegoro ke RS Panti Rapih, semoga melalui kunjungan studi banding ini, pengalaman yang didapatkan akan menjadi nilai tambah dalam perjalanan karir untuk para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi tenaga kesehatan yang handal dalam bidangnya.

 

 

 

Anjar Pintosasi

Humas RS Panti Rapih

 

Rating untuk artikel/halaman ini : 5/5 (9)

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru, Diklat and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *