Seminar & Workshop Keamanan Pangan Kerja Sama STIKes Panti Rapih & RS Panti Rapih Yogyakarta

Keamanan pangan adalah salah satu aspek utama yang tak boleh diabaikan dalam industri makanan dan minuman. Untuk memastikan produk yang dihasilkan tetap berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, para pelaku usaha perlu memahami betapa pentingnya keamanan pangan. Ini merupakan bagian integral dari Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, yang menyatakan bahwa keamanan pangan meliputi usaha mencegah makanan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Berfokus pada upaya memperbaiki pemahaman dan penerapan konsep keamanan pangan, STIKes Panti Rapih dan RS Panti Rapih Yogyakarta menyelenggarakan Seminar dan Workshop Keamanan Pangan. Acara ini dihadiri oleh 47 mahasiswa semester VI Jurusan Gizi dari STIKes Panti Rapih Yogyakarta pada Jumat, 26 April 2024 dan bertempat di Gedung Carolus Ruang Maria.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta tentang keamanan pangan dalam penyelenggaraan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Peserta diharapkan dapat memahami konsep dasar dan regulasi keamanan pangan di rumah sakit serta mengimplementasikannya berdasarkan standar akreditasi. Selain itu, peserta juga diajak untuk memahami konsep Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dalam menjaga keamanan pangan di rumah sakit.

Sambutan dari Ibu Hiasinta Anastasia Purnawijayanti,Sarjana Teknologi Pertanian, Magister Pertanian (Kepala Program Studi Gizi)

Sambutan dari Wakil Direktur III STIKes Sr Lucilla Suparmi,CB,M.Kep., Sp.K.M.B.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ibu Hiasinta Anastasia Purnawijayanti,Sarjana Teknologi Pertanian, Magister Pertanian (Kepala Program Studi Gizi) dan dilanjutkan sambutan dari Wakil Direktur III STIKes Sr Lucilla Suparmi,CB,M.Kep., Sp.K.M.B.

Materi seminar disampaikan oleh para ahli di bidangnya, antara lain:

 

Mater 1 : Konsep Dasar dan Regulasi Keamanan Pangan di RS

oleh Ibu Bernadeth Dwi Wahyunani, S.Tr.Gz, RD.

Materi 2 : Implementasi Keamanan Pangan di RS Berbasis Standar Akreditasi (Starkes)

oleh Ibu Widi Risnawati, SST.RD.

Materi 3: Implementasi HACCP di RS

oleh Ibu Widyastuti, S.Tr.Gz, RD.

 

Setelah sesi seminar, dilanjutkan dengan workshop yang dibagi ke dalam 6 kelompok. Kelompok 1 dan 2 terkait Risk Register
Kelompok 3 dan 4 terkait GMP/SSOP sesuai tools Inspeksi Jasa Boga
Kelompok 5 dan 6 terkait HACCP

Seminar dan Workshop Keamanan Pangan ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan. Diharapkan, dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep dan implementasi keamanan pangan, para peserta dapat berperan aktif dalam memastikan produk pangan yang dihasilkan tetap aman, berkualitas, dan bergizi bagi konsumen.

 

 

Artikel ditulis oleh :

Anjar Pintosasi

(Humas RS Panti Rapih Yogyakarta)

 

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru, Diklat and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *