RS Panti Rapih Studi Banding ke Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais

Pada tanggal 16 Januari 2023 RS Panti Rapih Yogyakarta, melaksanakan studi banding ke Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais. Studi banding dipimpin oleh Direktur Utama RS Panti Rapih Yogyakarta, drg. V. Triputro Nugroho., M. Kes dan diterima langsung oleh Direktur Utama RS Kanker Dharmais, dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS., Plt. Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum, Anjari, S. Kom, SH., serta pejabat internal RS Kanker Dharmais lainnya.

Tujuan dari studi banding tersebut yaitu dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pelayanan paliatif bagi pasien penyakit kronis, khususnya penyakit kanker, dan mengembangkan pelayanan pasien kanker dalam bentuk tim atau Multi Dicipline Team (MDT) di RS Panti Rapih Yogyakarta. Sehingga dalam kunjungan studi banding tersebut, para dokter dan perawat pelaksana yang akan terlibat dalam pengembangan pelayanan.

Selain melakukan diskusi, kegiatan studi banding juga dilanjutkan dengan telusur lapangan untuk mengamati beberapa hal terkait, antara lain:

  1. Alur Multi Dicipline Team(MDT), alur penegakan diagnosis, konfrensi Multi Dicipline Team (MDT), alur tatalaksana kasus, juga alur evaluasi dan layanan outpatient/homecare.
  2. Paliatif Care meliputi; penentuan kasus paliatif, tim paliatif, koordinasi/konfrensi tim paliatif, dan tata laksana paliatif.
  3. Radioterapi meliputi; tim radioterapi, layanan/antrian radioterapi, evaluasi post radioterapi, alat radioterapi (radiasi externa, brakiterapi, TPS).
  4. Penjaminan pembiayaan terkait; tarif dan koding pasien JKN dan asuransi swasta.

Acara ditutup dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama. Terima kasih, Jajaran Direksi RS Kanker Dharmais atas kesempatan yang diberikan bagi RS Panti Rapih Yogyakarta untuk melaksanakan studi banding semoga dengan kegiatan ini, kami dapat mengembangkan pelayanan bagi para pasien secara lebih baik khususnya bagi para penderita kanker.

 

 

Anjar Pintosasi

Humas RS Panti Rapih Yogyakarta

 

Rating untuk artikel/halaman ini : 5/5 (4)

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *