Kelas Ibu Hamil “Pentingnya Pralaktasi Menuju Keberhasilan Menyusui Bagi Ibu Hamil”

Yogyakarta – Menyusui adalah salah satu aspek penting dalam perawatan bayi yang baru lahir. Selain memberikan nutrisi yang optimal, menyusui juga memberikan manfaat kesehatan jangka panjang bagi ibu dan bayi. Untuk mencapai keberhasilan menyusui, persiapan sebelum kelahiran sangat penting, dan inilah yang dikenal sebagai pralaktasi.

Pralaktasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan persiapan ibu sebelum melahirkan untuk memastikan keberhasilan menyusui. Persiapan ini melibatkan pendidikan, pengetahuan, dan perencanaan yang tepat untuk membantu ibu mencapai pengalaman menyusui yang sukses.

 

Kelas Ibu Hamil (Sabtu, 15 Juli 2023) RS Panti Rapih Yogyakarta dalam memberikan dukungan kepada para ibu hamil dengan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Bidan Cahya Sartikasari, A. Md. Keb (Konselor Laktasi) & Bidan Respati Dwiwidyaningtyas S. S Tr., Keb. (Konselor Laktasi) yang menyampaikan materi terkait “Pentingnya Pralaktasi Menuju Keberhasilan Menyusui Bagi Ibu Hamil’. Kegitan ini bertempat di ruang senam hamil lantai 3 gedung rawat jalan terpadu Borromeus,  dihadiri 9 ibu hamil, 4 bapak suami. Dalam kelas ibu hamil, pralaktasi menjadi salah satu fokus utama karena pentingnya dalam memberikan dukungan kepada ibu selama masa kehamilan dan setelah melahirkan.

Ada beberapa alasan mengapa pralaktasi penting bagi ibu hamil. Pertama, pralaktasi membantu ibu memahami proses menyusui dengan baik. Ibu juga diajari tentang anatomi payudara, produksi susu, dan teknik menyusui yang benar. Pengetahuan ini  mempersiapkan ibu untuk menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama menyusui, seperti rasa sakit atau masalah produksi susu.

 

Selain itu, pralaktasi juga memungkinkan ibu hamil untuk membangun mentalitas positif terkait menyusui. Dalam kelas ibu hamil, ibu mendapatkan informasi tentang manfaat menyusui bagi kesehatan bayi dan hubungan emosional antara ibu dan anak. Hal ini dapat membantu ibu mengembangkan motivasi yang kuat untuk menyusui serta mengatasi rasa takut atau kecemasan yang mungkin timbul.

 

Pralaktasi juga melibatkan persiapan fisik untuk menyusui. Para Ibu diajari tentang pentingnya merawat payudara dengan baik, seperti menjaga kebersihan, melakukan pijatan lembut, dan menggunakan pompa susu jika diperlukan. Persiapan fisik ini akan membantu ibu mencapai kesiapan optimal sebelum memulai proses menyusui.

Selain itu, pralaktasi juga merupakan kesempatan bagi ibu hamil untuk mencari dukungan sosial dari pasangan, pihak keluarga bahkan lingkungan sekitar. Dalam kelas ibu hamil, ibu dapat bertemu dengan ibu hamil lainnya yang memiliki niat yang sama untuk menyusui. Mereka dapat saling berbagi pengalaman, memberikan dukungan moral, dan membangun jaringan dukungan yang kuat. Dukungan sosial ini sangat penting dalam menjaga motivasi dan semangat ibu selama perjalanan menyusui.

Dalam keseluruhan, pralaktasi memainkan peran penting dalam mencapai keberhasilan menyusui bagi ibu hamil. Persiapan yang baik sebelum melahirkan dapat memberikan ibu pengetahuan, kesiapan fisik, dan dukungan sosial yang dibutuhkan untuk menjalani proses menyusui dengan sukses. Kelas ibu hamil menjadi platform yang tepat untuk menyediakan semua hal ini dan mempersiapkan ibu untuk perjalanan menyusui yang positif. Dengan persiapan yang matang, ibu dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan bayinya dan memberikan nutrisi terbaik untuk pertumbuhannya.

 

Anjar Pintosasi
(Humas RS Panti Rapih Yogyakarta)

 

 

Informasi Pelayanan : 
Klinik Kebidanan & Penyakit Kandungan
Lantai 3 Gedung Rawat Jalan Borromeus RS Panti Rapih Yogyakarta

Pendaftaran :
Pendaftaran 24 Jam (0274) 514004 / 514006
Aplikasi PantiRapihKU (Play Store dan App Store)

 

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru, Event Rumah Sakit and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *