Cara Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga

Setiap tanggal 29 Mei , diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional, hari dimana seluruh masyarakat diharapkan mempunyai semangat untuk menjadikan inspirasi orang- orang  tua di atas usia 60 tahun sebagai panutan, role model, suri tauladan bagi kita semua. Semakin menghargai orang-orang tua, menjaga agar tetap sehat, bahagia dan produktif bersama,  serta mengajar agar kita menjaga tubuh dan jiwa agar menjadi semakin tua, sehat produktif, dan bijaksana

  1. Kasih Orang tua Membawa Berkat
  • Sekiranya hari ini kita masih didampingi oleh orang tua kita, maka bahagia dan Berkat selalu menaungi kita, tanpa mereka, kita tak pernah hadir di dunia ini. Jadikanlah Berkat ini dalam aktivitas dan pekerjaan kita sehari-hari.
  • Sekiranya, sudah tidak berada di sekitar kita, jadikanlah kenangan kebahagiaan bersama sebagai energy positip karena mereka telah memberikan semua kasih sayang, kerja keras dan yang terbaik buat kita.
  • Kontaklah selalu dan jagalah, sebaiknya orang tua tetap tinggal di rumah, kecuali jika dalam keadaan sakit atau perlu kontrol ke dokter.
  • Persiapkan diri kita agar menjadi orang tua yang baik dan memberikan berkat bagi generasi berikutnya.
  1. Bakti Anak Kepada Orang Tua Membawa Kebahagiaan
  • Pantau dan berikan makan minum yang sehat dan bergizi.
  • Luangkan waktu untuk berkomunikasi, maksimal 1 minggu sekali, sekiranya masa COVID ini mengganggu, lakukan dengan telpon atau video call (WA, Zoom, Google meet dll). Berbagi kebahagiaan dari apa yang dikerjakan, suami, istri, anak atupun cucu, jika bisa diajak bergerak bersama akan lebih baik.
  • Hindari kunjungan ke rumah orang tua, jika tak sangat diperlukan. Jika harus bertemu, usahkan anda dan keluarga dalam keadaan sehat, dan tidak mempunyai riwayat panas, batuk, pilek, sesak selama 2 minggu ataupun melakukan tes screening COVID.
  • Pantau kesehatan orang tua dengan memberikan pemeriksaan berkala, screening atau deteksi dini dengan Medical Check Up pada lansia secara holistik – menyeluruh. Medical Chek Up lansia tak hanya fisik (pemeriksaan dokter, laboratorium dan radiologi), psikis (pemeriksaan kognitif, depresi, sosial,dll) dan gizi, fisoterapi serta penilaian aktivitas kesehari-harian secara mandiri.

RS Panti Rapih melayani pemeriksaan Medical Check Up  di Lantai 2 Gedung Rawat Jalan Terpadu  dan juga mempunyai Pelayanan Lansia / Geriatri Rawat  Jalan Golden Care di Poliklinik Lukas, Lantai 1 Gedung Rawat Jalan Terpadu.

Klinik Pelayanan Golden Care Rumah Sakit Panti Rapih, melayani

  1. Pemeriksaan Medical Check Up bersama dokter Spesialis Geriatri dan Tim Spesialis ( Interna, Jiwa, Gizi dll)
  2. Pelayanan Day Care, pelayanan rawat jalan sehari di RS Panti Rapih bersama petugas yang trampil dan terlatih dalam pendampingan konseling, aktivitas motorik dan psikis serta assessment geriatric.

 

Artikel ini ditulis oleh: dr. Tandean Arif Wibowo, MPH

(Dokter Medical Check Up – Home Care Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta)

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *