Pelatihan Internal : Skin Prick Test

RS Panti Rapih berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien dan keluarga dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Sebagai bentuk upaya peningkatan mutu pelayanan pada Selasa, 11 April 2023 dilaksanakan pelatihan internal Uji Tusuk Kulit dengan narasumber dari Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gajah Mada (FK KMK UGM).

Uji tusuk atau skin prick test (SPT) merupakan metode diagnostic untuk penyakit alergi yang dimediasi immunoglobulin E (IG E). Skin prick test merupakan pilihan utama untuk mendiagnostis alergi karena hasil tes dapat diandalkan, aman mudah, minimal invasif, relatif murah, dapat mendeteksi multiple alergi dalam 15-20 menit tes dan reproducible jika dilakukan oleh profesional kesehatan yang terlatih.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Direktur Utama, drg. V. Triputro Nugroho, M. Kes di Auditorium Lantai 6 Gedung Borromeus, dihadiri oleh 13 Dokter Spesialis (Anak, THT, Kulit, Penyakit Dalam), 3 Dokter Umum dan 4 perawat.

Hadir sebagai narasumber dalam Pelatihan Uji tusuk Kulit atau Skin Prick Test (SPT), yakni dr. Fajar Waskito, Sp. KK (K), M. Kes dan dr. Sri Awalia Febriana, M. Kes, Sp. KK (K), Ph.D beserta tim dari Departemen Dermatologi dan Venereologi FK KMK UGM. Pelatihan berlangsung dalam dua tahapan utama, yakni pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, dilanjutkan dengan wet workshop dimana seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktik langsung.

Semoga dengan pelatihan ini, RS Panti Rapih dapat melengkapi layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Maria Vita
Humas RS Panti Rapih

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru, Event Rumah Sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *