Meningkatkan Pelayanan Hotel dengan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional telah menjadi faktor krusial dalam industri perhotelan, terutama ketika menghadapi tamu dengan permintaan tinggi. Hotel-hotel berbintang rutin mengadakan pelatihan bagi karyawan mereka untuk memastikan pelayanan prima tidak hanya tamu waisatawan asing dari mancanegara saja tetapi juga kepada tamu dari seluruh tanah air.

 

Dr.dr. Jodi Visnu, MPH seorang Public Health Professional dan Hospital Representative dari Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, menyatakan bahwa kecerdasan emosional yang baik sangat diperlukan dalam bekerja. “Berbagai permintaan tamu sering kali menguji kreativitas manajemen hotel dalam menjawab setiap tantangan,” kata dr. Jodi dalam acara Health Talk bertema “Pola Hidup Sehat untuk Meningkatkan Ketahanan Tubuh dan Jiwa” di Hotel Tentrem, Kamis (20/6/2024).

Pelatihan yang dibuka oleh General Manager Hotel Tentrem, Christophorus Yulianto, memperkuat kerja sama antara Rumah Sakit Panti Rapih dan Hotel Tentrem yang telah terjalin selama ini.

Menurut dr. Jodi, karyawan hotel secara rutin mengikuti pelatihan service excellence yang menuntut mereka untuk tampil prima. Namun, hal ini sering kali berdampak pada kondisi fisik dan mental yang kurang diperhatikan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur agar tubuh tetap prima meskipun menghadapi banyak tuntutan dalam pekerjaan. Selain itu, berpikir positif juga penting agar setiap staf dapat mengembangkan diri.

“Hotel Tentrem memiliki tantangan besar dalam memberikan pelayanan paripurna kepada setiap tamu. Hal ini jangan dipandang sebagai tekanan, melainkan peluang untuk belajar,” ungkap dr. Jodi di hadapan 30 staf yang mengikuti pelatihan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para staf hotel dapat meningkatkan kecerdasan emosional mereka dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para tamu.

 

 

 

 

Anjar Pintosasi

(Humas RS Panti Rapih Yogyakarta)

 

Referensi :

https://www.krjogja.com/kesehatan/1244781400/penting-kecerdasan-emosional-dalam-minimalisir-tekanan-kerja

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Berita Terbaru and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *