Kenali Gejala Sakit Ginjal

Ginjal adalah organ utama dalam tubuh kita untuk menyaring dan membersihkan racun-racun dalam tubuh. Maka perlu kita ketahui gejala-gejala ketika ginjal mulai mengalami masalah.

Gejala awal dari penyakit ginjal memang tidak nampak tanda-tanda yang spesifik. Namun, jika sudah menunjukkan gejala yang khas, seseorang bisa sampai harus cuci darah. Gejala awal ditandai dengan rasa nyeri, bisa salah satu ginjal maupun keduanya.

Kerusakan ginjal total dan tak dapat disembuhkan disebut dengan End Stage Renal Disease (ESRD) atau Gagal Ginjal Tahap Akhir (GGTA). Pasien dengan GGTA menderita kondisi permanen jika fungsi ginjalnya hilang maka tidak dapat disembuhkan.

Saat ginjal berhenti berfungsi, tubuh akan mengalami kondisi keracunan karena terisi oleh kelebihan air dan limbah produk. Kondisi ini disebut uremia, ditandai dengan pembengkakan dibagian tangan dan kaki serta pasien akan merasa letih dan lemas. Dalam kasus yang kronis, uremia dapat mengakibatkan kejang-kejang atau koma, dan berakhir dengan kematian. Dalam hal ini, pasien harus menjalani perawatan dialisis atau transplantasi ginjal, karena strategi manajemen konservatif tidak cukup untuk menyelamatkan nyawa.

Gejala-Gejala Sakit Ginjal

  • Nyeri
    Pada awal mula biasanya penderita mengalami nyeri. Lalu kalau sudah terdapat batu biasanya nyeri saat buang air kecil
  • Kaki Bengkak
    Dalam kasus yang lebih berat, kaki akan bengkak. Kondisi ini akan menetap meski sudah berbaring
  • Kesadaran Menurun
    Seseorang yang mengalami gagal ginjal kesadarannya menurun, gampang lemas, dan wajahnya pucat
  • Sesak Napas
    Gejala tahap selanjutnya adalah mengalami sesak napas, karena cairan di dalam tubuh tak bisa keluar bahkan menumpuk didalam paru-paru
  • Meracau
    Cairan seperti urine harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Cairan tersebut banyak mengandung racun yang harus disaring oleh ginjal. Jika ginjal rusak berarti tidak dapat menyaring racun dan tetap ada di dalam darah. Akibatnya racun tersebut bisa masuk ke pembuluh darah yang di otak. Pada tahap ini seseorang bisa meracau atau bicara serta bertindak tak beraturan. Kondisi ini sudah parah dan harus ditangani dengan cuci darah

Mari kita jaga ginjal kita dengan pola hidup sehat, dapat dilakukan dengan banyak minum air putih, aktif bergerak, mengatur pola makan yang sehat, jauhi alkohol dan hindari merokok, menghindari stress, rutin berolahraga dan jaga berat badan ideal. Konsultasi ke dokter jika mengalami gejala awal sakit ginjal.

 Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta
Jl Cik Ditiro 30 Yogyakarta 55223
Telp 0274-514004, 514006, 521009 (24 jam)

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *