Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Hypnobirthing

Persalinan merupakan suatu proses berakhirnya kehamilan yang sangat di nanti-nantikan setiap wanita dengan penuh harap dan suka cita. Namun nyeri yang menyertainya dapat merupakan siksaan tersendiri. Nyeri persalinan merupakan pengalaman subyektif tentang sensasi fisik yang terkait dengan kontraksi uterus, diltsi dan penipisan serviks, serta penurunan janin selama persalinan. Respon fisiologis terhadap, nyeri meliputi peningkatan tekanan darah, denyut nadi, pernafasan, keringat, diameter pupil dan ketegangan otot.

Berbagai upaya dilakukaan untuk menurunkan nyeri pada persalinanan, baik secara farmakologi maupun non farmakologi namun metode farmakologi lebih mahal dan berpotensi mempunyai efek yang kurang baik. Sedangkan metode non farmakologi bersifat nonintrusive, noinvasif, murah, simple, efektif dan tanpa efek yang merugikan. Metode non farmakologi juga dapat meningkatkan kepuasan selama persalinan karena ibu dapat mengontrol perasaannya dan kekuatannya.

Hypnobirthing merupakan salah satu metode pendekatan kejiwaan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan tekanan emosi selama proses Persalinan dengan member kesempatan pada ibu yang akan melahirkan untuk berkonsentrasi, berfokus dan rileks. Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta adalah salah satu Rumah Sakit yang peduli dalam memberikan asuhan kehamilan dan persiapan persalinan dengan menerapkan Hypnobirthing RS Panti Rapih mempunyai komitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan memfasilitasi kesehatan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih dalam masa kehamilan dan persalinan agar menjadi pengalaman yang indah dan menyenangkan untuk ibu, bayi yang di lahirkan dan untuk keluarganya.

Manfaat Hypnobirthing
1. Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin.
2. Teknik untuk menghasilkan tenaga kerja sehingga terasa lebih pendek dan lebih nyaman, atau mempersingkat fase awal proses persalinan, yaitu pembukaan yang biasanya memakan waktu 10 sampai 24 jam (terutama untuk kelahiran anak pertama).
3. Menghilangkan keletihan yang amat sangat sehingga setelah proses kelahiran bayi, sang ibu tetap bertenaga.
4. Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi (pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan sakit) saat persalinan berlangsung.
5. Memungkinkan otot-otot syaraf dan badan di tubuh ibu bekerja secara selaras dan alamiah selama proses kelahiran terjadi.
6. Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis.
7. Proses menyusui dapat dengan cepat dilakukan karena bayi umumnya lebih tenang dan waspada saat lahir.
8. Mendapatkan pengalaman melahirkan yang positif (menyenangkan) karena terjadinya ikatan batin yang baik antara ibu terhadap bayi dan sang suami (pasangan hidup).
9. Memberikan peran penting bagi pendamping (aktif) selama proses kelahiran.
10. Membantu ibu untuk melahirkan bayinya dengan caranya sendiri.
11. Mempercepat masa pemulihan pasca persalinan.

Konsultasikan kandungan Anda ke Klinik Kandungan bersama Dokter Spesialis Obgin Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Artikel ini ditulis oleh: MG. Endah SW, Amk
Ingin mengetahui informasi ini lebih lanjut dapat menghubungi:
Klinik Kandungan Lantai 3 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus
RS Panti Rapih
Pendaftaran : (0274) 514004, 514006, 521409 (24 jam)

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *