Tips Lebih Mudah dengan Telemedicine RS Panti Rapih

Masih belum berani ke rumah sakit saat COVID-19 ini?  Tak ada yang mengantar ke rumah sakit saat itu?

Lonjakan pasien COVID-19 akhir-akhir ini membuat fasilitas kesehatan menjadi penuh pasien, terutama di klinik demam, batuk, pilek dan IGD infeksius. Antrian panjang dan kerumunan banyak orang menumpuk di laboratorium, radiologi dan juga farmasi untuk ambil obat.  Potensi resiko penularan memungkinkan terjadi pada banyak orang di area fasilitas kesehatan, karena banyak kerumunan, jarak yang terlalu dekat, kesadaran akan protokol kesehatan yang belum kuat, dan kontrol regulasi /aturan rumah sakit tentang protokol kesehatan yang belum disiplin, terutama berisiko pada keluarga atau pengantar pasien yang sakit.

Telemedicine sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi bertemunya banyak orang dan kontak fisik, karena dapat berkomunikasi, berkonsultasi dan membantu perawatan dan pengobatan dengan jarak jauh, meskipun telemedicine mempunyai banyak kekurangan juga seperti pasien, keluarga serta fasilitas keseharan perlu mempunyai smartphone dan sinyal internet yang bagus, beberapa kondisi kesehatan yang tak dapat diperiksa tanpa kehadiran pasien seperti keadaan gawat darurat / emergency, trauma atau kecelakaan yang sedang-berat, atau segera memerlukan pemeriksaan penunjang.

Tips memaksimalkan dan mempermudah Konsultasi Dokter Online / Telemedicine:

  1. Mendaftar telemedicine dahulu bisa menghubungi RS Panti Rapih di nomor  0895 2917 8877 dan pastikan nomor Anda dapat dihubungi melalui Whatsapp ; menggunakan link registro pantirapih.id/registro ; menghubungi telp pendaftaran (0274) 514004/514006 ; atau menggunakan aplikasi android PantiRapihKu.
    Khusus untuk pendaftaran via Registro, PantiRapihKU, website dan telepon : Pendaftaran minimal 3 jam sebelumnya. Jika kurang dari 3 jam, mohon pendaftaran menggunakan Whatsapp.
  2. Persiapkan smartphone dengan baik terutama sinyal internetnya
  3. Siapkan juga kertas dan alat tulis untuk menulis apa yang perlu dicatat dari penjelasan dokter atau akan ditanyakan lagi
  4. Buatlah dan siapkan daftar obat-obat yang sudah atau sedang diminum
  5. Siapkan beberapa dokumen penunjang yang diperlukan, seperti hasil laboratorium, foto rontgen, EKG (rekam jantung), dll
  6. Tanyakan beberapa hal kemungkinan dari perjalanan penyakit anda atau stelah hasil pengobatan yang diberikan
  7. Mintalah ringkasan atau resume dari hasil konsultasi hari ini

Karena telemedicine dibatasi waktu yang tidak terlalu banyak, maka dengan mempersiapkan sesuatunya, telemedicine menjadi lebih mudah dan dapat menunjang perawatan dan penyembuhan. Jangan lupa, siapkan tempat yang nyaman,  tenang dan terang, sehingga saat konsultasi suara dan suasana menunjang untuk mendengar konsultasi lebih jelas. Jika diperlukan dapat didampingi oleh anggota keluarga yang bisa membantu menjelaskan lagi, jika ada yang terlewatkan.

RS Panti Rapih  adalah rumah sakit yang aman dan nyaman dalam berkunjung untuk memeriksakan pasien dan dalam perawatan, karena kami mempunyai SOP dan regulasi untuk protokol kesehatan terutama saat pandemic COVID-19 ini.

Informasi pendaftaran Telemedicine: https://pantirapih.or.id/rspr/telemedicine/

Link terkait: https://pantirapih.or.id/rspr/rs-panti-rapih-aman-dikunjungi/

Artikel ini ditulis oleh:

dr. Tandean Arif Wibowo, MPH

(Dokter Umum – Medical Check Up – Home Care  Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dan Dosen Pembimbing Manajemen Bencana STIKes Panti Rapih)

 

TELEDICINE
WA : 089529178877

Pendaftaran :
Aplikasi PantiRapihKU (Play Store dan App Store

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , .

2 Comments

    • Selamat siang,
      mohon maaf atas keterlambatan kami dalam merespon pesan Anda.
      Terkait Telemedicine dapat WA ke no 089529178877 (Senin – Sabtu, pk 07.00 – 17.00 WIB, hari Minggu dan tanggal merah libur)
      Terima kasih – ap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *