Peresmian Gedung Stella Maris (Gedung Medik Sentral) RS Panti Rahayu, Kelor, Karangmojo, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Gunungkidul,  20 November 2022. Pembangunan Rumah Sakit Panti Rahayu bermula dari harapan yang disampaikan oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Ignatius Suharyo dalam kesempatan audiensi Pengurus Yayasan Panti Rapih pada 11 Januari 1998, serta ungkapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat peresmian Gedung Carolus Rumah Sakit Panti Rapih tanggal 20 Agustus 2005.

Rumah Sakit Panti Rahayu, pada awalnya adalah Klinik Rawat Inap yang berlokasi di Dusun Sudimoro, Kelurahan Kelor, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dan dibangun dalam beberapa tahap. Tahap pertama dibangun Gedung Rawat Jalan, IGD, Penunjang Medis, Ruang Operasi, Ruang Bersalin dan Ruang Manajemen. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bapak Ir. Sumpeno Putro selaku Bupati Gunungkidul saat itu. Pembangunan tahap pertama selesai pada 15 September 2011 dan diresmikan pada 1 November 2011 oleh Bupati Gunungkidul Ibu Hj. Badingah. Tahap kedua adalah pembangunan Gedung Rawat Inap, dan pembangunan tahap ketiga adalah pembangunan Gedung Penunjang Non Medis yang selesai dibangun pada 17 September 2013.

Pada 3 September 2014, Klinik Rawat Inap Panti Rahayu, Kelor ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Kelas D sehingga berubah nama menjadi Rumah Sakit Panti Rahayu. Selanjutnya dilakukan pemberkatan gedung oleh Uskup Agung  Semarang, Mgr. Johannes Pujasumarta dan diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 20 November 2013 sehingga tanggal tersebut ditetapkan menjadi Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Panti Rahayu.

Gedung Stella Maris memiliki lima lantai dengan jenis layanan yang diberikan pada setiap lantai sebagai berikut:

  1. Lantai 1 terdiri atas :
    Lobby Utama, Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Administrasi Rawat Inap, Keuangan, Loket BPJS, Farmasi, Rehabilitasi Medik, Ruang Humas, CSSD (Central Sterile Supply Departement), ATM
  2. Lantai 2 terdiri atas :
    Ruang Laktasi, Klinik Laktasi, Klinik Anak Sehat dan Tumbuh Kembang Anak, Klinik Anak Sakit, Klinik Kebidanan dan Kandungan, Klinik Jantung dan Treadmill, Klinik Gigi, Klinik Penyakit Dalam, Klinik Syaraf, Klinik THT, Klinik Kulit dan Kelamin, Klinik Bedah Tulang, Klinik Bedah Urologi, Klinik Bedah Umum, Ruang Bermain Anak.
  3. Lantai 3 terdiri atas :
    Ruang Tindakan Persalinan dan Ruang Rawat Inap Persalinan.
  4. Lantai 4 terdiri atas :
    Ruang Rawat Inap
  5. Lantai 5 terdiri atas :
    Ruang Operasi, Ruang Tunggu Operasi, ICU

Rangkaian acara Peresmian Gedung Stella Maris Rumah Sakit Panti Rahayu diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang dilanjutkan dengan pemberkatan gedung. Sedangkan Peresmian Gedung Stella Maris dilakukan oleh Bapak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Sri Sultan Hamengkubuwono X) yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Acara ini juga dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Propinsi DIY dan Kabupaten/Kota, Pimpinan RS di DIY, Pimpinan Gereja Katolik di Kevikepan DIY, Komunitas Biarawan/Biarawati di Yogyakarta, para mitra dan relasi, Kontraktor Perencana, Pelaksana, maupun Pengawas Gedung Stella Maris, perwakilan warga sekitar, dan Direktur unit karya Yayasan Panti Rapih (RS Panti Rapih, RS Panti Nugroho, RS Panti Rini, RS St. Elisabeth, dan Stikes Panti Rapih).

Dengan motto yang dimiliki yaitu:

Tulus Ikhlas Menjadi Teman Dalam Pengharapan

maka Rumah Sakit Panti Rahayu telah dan akan terus menjadi teman dengan memberikan pelayanan yang terbaik guna mewujudkan masyarakat yang sehat khususnya di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya.

Informasi lebih lanjut, hubungi:
Sekretariat Rumah Sakit Panti Rahayu
Jalan Wonosari – Ponjong km 7 Kelor, Karangmojo, Gunungkidul,Yogyakarta 55891
Telepon : 0274 – 391964
CP Bertha: 0838-6730-1958
Email: rumashsakitpantirahayu@gmail.com
IG : https://instagram.com/rspantirahayu?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Posted in Berita Terbaru and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *