Cara membuat LUPUS terlihat

Setiap tanggal 10 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia/World Lupus Day. Tahun  2021, mengangkat tema dan pesan Make Lupus Visible” yang berarti “membuat Lupus terlihat”. 

LUPUS, Sistemic Lupus Eritematosus (SLE) adalah suatu penyakit autoimun yang kronis/berlangsung lama, di mana penderita menjadi sakit karena sistem imunitas yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi, kuman atau cedera, namun sistem autoimun tak mampu mengenali antara infeksi atau kuman dengan sel atau jaringan tubuh sendiri sehingga berbalik menyerang tubuhnya sendiri. Beberapa bagian yang dikenai bisa kulit, sendi, ginjal, saluran cerna, syaraf sampai otak. Penyebabnya belum diketahui secara pasti tetapi faktor keturunan di anggap berperan penting di samping, faktor lingkungan dan faktor hormonal. Pencetus timbulnya sakit juga bermacam–macam seperti penyakit infeksi, obat-obat tertentu, paparan sinar matahari berlebih, merokok, bekerja berat/ terlalu capai,  beban pikiran/stress atau penghentian obat Lupus tanpa seijin dokter. Banyak dapatkan pada wanita, usia 15-45 tahun.

Gejala Lupus bisa sangat bervariasi, hilang timbul dan berbeda dari setiap penderita, dikarenakan peradangan yang terjadi bisa terjadi di berbagai bagian tubuh yang dikenai dan mirip gejala dengan penyakit lain karena itu Lupus kadang disebut sebagai “penyakit seribu wajah”. Inilah yang kadang menjadi kesulitan dalam mengenai penyakit Lupus secara dini.

Perlu diingat Lupus bukanlah penyakit menular !

MARI dukung dan sebarkan edukasi dan informasi tentang LUPUS kepada semua masyarakat, agar penyakit LUPUS semakin dikenali dan untuk dapat ditemukan dini dan segera mendapatkan pengobatan sebelum berlarut-larut menjadi kronis.

Konsultasikan dan jika perlu lakukan Medical Check Up awal LUPUS untuk memastikan diagnosa LUPUS:

  • Anamnesa dan Pemeriksaan Fisik
  • Darah Lengkap
  • Urin Lengkap
  • Pemeriksaan Antibody ANA (antinuclear antibody) dan Anti ds-DNA
  • Pemeriksaan Ro thorak/dada

Untuk menurunkan resiko terkena Lupus dan mencegah kekambuhan Lupus menjadi berat (flare) maka perlu menerapkan gaya hidup sehat, dari kebersihan diri dan lingkungan, makan-minum yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga rutin dan menghindari kecemasan/stress berlebih.

Kenali dan Hindari Pencetus LUPUS serta Latihlah dan Kuasai Penanganan Gejala Awal yang muncul untuk setiap penderita (odapus), keluarga, relawan dan komunitas serta masyarakat yang peduli Lupus.

 

 

Artikel ini ditulis oleh:  dr. Tandean Arif Wibowo, MPH

Dokter Medical Check Up – Home Care Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

🏥 Kunjungi Medical Check Up RS Panti Rapih Yogyakarta
Senin – Sabtu pukul 07.00-14.00. Hari Minggu & Tgl Merah Tutup.
Lantai 2 Gedung Rawat Jalan Borromeus
Jl Cik Ditiro 30 Yogyakarta 55223

📲 Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0274-563333 ext 1135

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *