Asam Lambung Naik Saat Puasa? Ini Yang Harus Dilakukan

Maag sering kali kambuh di masa puasa. Hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung karena kondisi perut kosong dan menahan lapar sehingga tidak ada asupan makanan atau minuman yang diolah selama kurang lebih 12 jam. Ketika asam lambung muncul, hal yang biasanya dirasakan adalah rasa perih dan nyeri di bagian perut.

 

Jika maag kambuh, berikut 5 hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya: 

1. Menghindari minuman berkafein dan bersoda

Penderita asam lambung umumnya sensitif terhadap minuman berkafein dan bersoda seperti kopi, teh, soda, dan minuman berkarbonasi lainnya. Hal ini disebabkan minuman berkafein dan bersoda dapat memicu peningkatan produksi asam dan peradangan pada lambung. Kafein juga membuat cincin pada kerongkongan rileks pada bagian bawah sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD).

2. Tidak merokok

Tidak merokok di masa puasa, selain menambah pahala juga dapat menghindari penderita asam lambung mengalami peningkatan keparahan asam lambung. Apabila keparahan asam lambung meningkat, dapat memicu terjadinya GERD. Hal ini disebabkan oleh nikotin pada rokok menyebabkan sfingter menjadi rileks sehingga asam lambung berisiko naik ke kerongkongan hingga memicu GERD.

3. Menghindari  makanan berlemak, pedas, dan asam

Makanan berlemak, pedas, dan asam sering kali memicu naiknya asam lambung bagi penderitanya. Oleh sebab itu, penderita sebaiknya menghindari makanan yang berlemak seperti gorengan, jeroan, kulit, keju, susu full cream, dan makanan bersantan. Selain itu, makanan yang kecut dan pedas seperti lemon, jeruk nipis, sambal, dan makanan pedas lainnya.

4. Tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa adalah memodifikasi posisi tidur. Saat penyakit asam lambung naik, tubuh bagian atas termasuk kepala perlu disangga agar posisinya lebih tinggi ketimbang kaki. Gunakan bantal atau penyangga setinggi enam atau delapan inchi untuk menopang tubuh bagian atas. Ketinggian tersebut sudah ideal. Usahakan bantal tidak hanya menyangga kepala. Tapi bisa menopang keseluruhan tubuh bagian atas agar tidak sakit leher.

5. Minum obat asam lambung

Apabila dengan cara alami dan menghindari makanan- makanan yang memicu asam lambung masih belum dapat mengatasi asam lambung, maka cara maksimal adalah mengkonsumsi obat asam lambung. Konsultasikan ke dokter spesialis Gastronomi di  Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta  untuk mengetahui jenis yang paling tepat dan minim efek samping. Jika ada kekhawatiran terkait kondisi penyakit asam lambung yang mudah kambuh saat puasa, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter Gastronomi, terlebih jika kondisi kulit penderita jadi kerap pucat, berat badan turun drastis, dan tidak nafsu makan saat puasa.

Sumber: https://health.kompas.com/read/2021/04/17/042400068/8-cara-mengatasi-asam-lambung-naik-saat-puasa?page=all

Klinik Saluran Cerna & Hati
Lantai 4 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus
Jl Cik Ditiro 30 Yogyakarta 55223

Pendaftaran :
Pendaftaran 24 Jam (0274) 514004 / 514006
Aplikasi PantiRapihKU (Play Store dan App Store)

 

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *