Ultrasonografi (USG)

Ultrasonografi merupakan salah satu alat diagnostik di radiologi yang menggunakan dasar gelombang suara freuensi tinggi 2 sampai 13 megahertz, dimana gelombang suara tersebut dapat menghasilkan suatu gambar dari organtubuh manusia yang tidak terlihat dari luar. Alat ini salah satu dari alat-alat radiologi yang tidak menggunakan sinar x, selain MRI. Alat ini dikenal masyarakat umum pada awalnya untuk melihat kondisi janin seorang ibu hamil. Pemeriksaan ibu hamil yang semula hanya dilakukan dengan perabaan dari luar dan mendengar denyut jantung janin dengan alat dari luar, telah mengalami perubahan drastic dengan alat ultrasonoraphy ini. Karena janin langsung dapat periksa kondisinya secara langsung dan dapat penghasilkan gambar Janin dari layar alat ultrasonografi ini.

Setelah itu alat ini beranjak untuk pemeriksaan organ tubuh lainnya. Sehingga pemeriksaan dengan alat ini menjadi favorite untuk mendeteksi awal adanya kelainan dalam tubuh manusia tanpa harus terpapar sinar X dan juga cukup simple dan tidak menyakiti pasien karena hanya dengan mengoles jeli pada kulit yang berfungsi sebagai penghantar gelombang suara dan menaruh ujung alat USG (probe USG) ke kulit manusia maka dapat terlihat organ-organ tubuh yang hendak di evaluasi.

Keunggulan USG ini secara teknis adalah alatnya cukup simple, pada umumnya tidak terlalu berat, banyak model dari yang portable dapat ditenteng seperti laptop sampai yang cukup besar namun masih cukup mobile untuk di pindah dengan mudah. Sedangkan keunggulan secara medis hampir seluruh organ dapat diperiksa dengan alat USG ini. Mulai dari kondisi otak pada janin, mata, leher, jantung, paru-paru, perut, pembuluh darah bahkan otot-otot juga dapat dilakukan evaluasi. Kelemahan USG ini salah satunya adalah lapangan pandang pemeriksaan yang terbatas sehingga pemeriksaan yang ada biasanya dilakukan satu-satu per organ dan apabila terdapat kelainan yang cukup besar maka tidak akan cukup terevaluasi pada layar alat USG.

Kelemahan lain adalah udara, karena factor udara akan menghambat lajunya gelombang suara sehingga mengaburkan gambar yang dihasilkan. Selain itu juga keterbatasan kedalaman pemeriksaan, apabila lapisan kulit yang terlalu tebal atau kondisi lemak bawah kulit juga akan menghambat dalam menghasilkan gambar yang lebih jelas.Dengan perkembangan teknologi sekarang juga telah terdapat alat USG 4 dimensi, yaitu dapat menghasilkan gambar 3 dimensi dan bergerak sehingga memungkinkan melihat gerakan langsung janin selama pemeriksaan. Alat ini banyak digunakan pada evaluasi janin ibu hamil.

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *