Talk Show Kesehatan “Kanker Ovarium dan Payudara, Kenali Sedari Dini”

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan global yang sangat signifikan. Prevalensinya bervariasi di berbagai wilayah dan populasi. Menurut World Health Organization (WHO), kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, dengan sekitar 1 dari 6 kematian di seluruh dunia disebabkan oleh kanker. Pada tahun 2020, diperkirakan terdapat 19,3 juta kasus baru kanker dan 10 juta kematian terkait kanker secara global. Angka-angka ini menyoroti dampak signifikan kanker terhadap kesehatan masyarakat.

Kanker payudara dan kanker ovarium adalah dua jenis kanker yang memiliki angka kejadian tinggi di seluruh dunia. Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak serta menjadi salah satu penyumbang kematian terbesar akibat kanker. Menurut data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia, dengan jumlah kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa.

Kanker payudara terbagi atas beberapa jenis berdasarkan hasil imunohistokimianya. Pada kasus HER2-negatif, faktor genetik berperan signifikan, terutama gen BRCA1/2. Mutasi pada gen BRCA1/2 dapat diturunkan dari orangtua mana pun dan mempengaruhi risiko kanker baik pada perempuan maupun laki-laki. Oleh karena itu, dokter sering merekomendasikan tes BRCA, baik untuk tujuan preventif maupun untuk menentukan terapi yang paling sesuai dengan kondisi pasien.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kanker, RS Panti Rapih Yogyakarta bekerja sama dengan Astra Zeneca mengadakan edukasi kesehatan dan penyuluhan kepada masyarakat awam. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendorong deteksi dini, pencegahan, dan terapi kanker yang optimal.

Tujuan Acara

  1. Memberikan informasi mengenai perjalanan penyakit, mutasi genetik, jenis testing, dan terapi terkini untuk kanker ovarium dan kanker payudara.
  2. Memberikan edukasi tentang pentingnya bagi pasien atau penyintas kanker ovarium dan kanker payudara untuk menjalani kepatuhan terapi demi kualitas hidup yang lebih baik.

Acara terselenggara pada hari Sabtu, 29 Juni 2024 dari pukul 10.00 – 12.00 WIB, bertempat di Auditorium Lantai 6 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus RS Panti Rapih Yogyakarta.

 

Peserta yang hadir sekitar 45 orang yang merupakan pasien RS (pasien baru dan keluarganya), penyintas komunitas pasien kanker, pasien dengan profil risiko tinggi (misalnya pasien endometriosis, pasien kanker payudara, riwayat kanker keluarga), klien perusahaan, dan pasien asuransi.

Acara dibuka oleh Direktur Utama RS Panti Rapih Yogyakarta, dr. Stephani M. Nainggolan, M.Kes, dan terdiri dari dua sesi materi:

  1. Materi 1:“Kenali lebih dalam, apa itu kanker ovarium dan terapi terkininya?” oleh Prof. Dr. dr. Heru Pradjatmo SpOG (K) Onk, M. Kes.
  2. Materi 2:“Kanker Payudara dan hubungannya dengan mutasi gen BRCA” oleh dr. Dian Pratiwi SpPD. KHOM., FINASIM.

Acara ini dimoderatori oleh dr. Y. Adhitya Prakasa Sukoco, Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Dengan adanya acara talk show ini, diharapkan masyarakat semakin memahami pentingnya deteksi dini, pencegahan, dan terapi kanker payudara dan ovarium. Pengetahuan yang tepat akan membantu pasien dan keluarganya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi kualitas hidup yang lebih baik.

 

Artikel ditulis oleh :

Anjar Pintosasi

(Humas RS Panti Rapih Yogyakarta)

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Event Rumah Sakit and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *