Sayembara Pradesain IGD (Revisi)

Sejak Januari 2020 dunia dirundung bencana Covid-19 yang membawa perubahan pada tata alur pasien dan ruang yang harus disediakan oleh rumah sakit khususnya Instalasi Gawat Darurat (IGD). Bencana itu melanda hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali negara kita Indonesia dan secara khusus Rumah Sakit Panti Rapih (RSPR), Yogyakarta, Indonesia. Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2020 mewajibkan Rumah Sakit menyediakan Zona Covid-19 (Zona Merah) dan Zona Non Covid-19 (Zona Hijau) termasuk di IGD. Oleh karenanya RSPR harus segera melakukan adaptasi penyusunan ruangan untuk menghadapi situasi pandemik di masa sekarang dan yang akan datang. Dalam keterbatasan struktur bangunan dan jumlah lantai yang ada adaptasi harus tetap membuat RSPR dapat melayani masyarakat dengan aman dan nyaman. Di sisi lain Gedung IGD Rumah Sakit Panti Rapih perlu menyempurnakan diri untuk memenuhi tuntutan tersebut secara fungsi dan secara fasad. Gedung IGD yang berdampingan dengan beberapa gedung historis, yaitu bangunan Rumah Sakit, yang merupakan cagar budaya (didirikan tahun 1928), memerlukan pemikiran bentuk fasad baru agar Gedung-gedung historis tersebut tidak terganggu keberadaannya tetapi justru akan semakin menarik dan harmonis. Upaya yang diharapkan dari para peserta sayembara yaitu bentuk fasad bangunan yang berdaya tarik modern dan dapat berdampingan secara harmonis dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Tata ruang lingkungan (lanskap) yang menarik di sekitar bangunan juga diharapkan agar secara keseluruhan area IGD menjadi lebih harmonis, fungsional, dan indah.

Maksud dan Tujuan:

Sayembara ini diadakan dengan maksud agar Gedung IGD dan lanskap RS Panti Rapih dapat tertata lebih harmonis dalam fungsi dan estetikanya. Dengan demikian, tujuan penyelenggaraan sayembara yaitu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa atau perorangan di seluruh Indonesia yang memiliki bidang studi seni bangunan atau keahlian arsitektur maupun desain tata ruang untuk ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan bentuk (fasad), layout bangunan, dan kawasan lingkungan Gedung IGD RSPR.

Ketentuan Desain:

Peserta diminta untuk merancang/memberikan gagasan bentuk fasad dari Gedung IGD namun tetap mempertahankan jumlah lantai dan denah struktur yang ada. Jenis dinding, lantai, sekat, jendela dan pintu dapat diusulkan untuk diubah. Struktur bangunan tetap dipertahankan, perubahan elemen non-struktur tidak boleh menyebabkan perubahan struktur yang dapat menyebabkan perlunya perkuatan. Bangunan hendaknya berciri modern dan tetap memiliki elemen ciri khas RS Panti Rapih yaitu adanya beberpa pola lengkung (onder de bogen) agar tetap dapat berdampingan secara harmonis
dengan bangunan cagar budaya di sekitarnya. Dalam beberapa bagian/zona bentuk layout bangunan masih akan dipertahankan (lihat secara detail dalam gambar terlampir). Gedung memiliki luas tapak +1151 m2, dengan 3 lantai dan 1 basement. Gedung IGD berlokasi di Jalan Cik Di Tiro No. 30 Yogyakarta.

Gedung IGD hendaknya juga memiliki tata lingkungan (tanaman hias, perindang) yang menarik dan berfungsi (alur kendaraan yang nyaman dan jumlah kendaraan parkir yang terbatas) yang selaras dengan bangunan lama dan baru. Secara detail, tampak, denah tiap lantai dan suasana di sekelilingnya dapat dilihat dalam file lampiran dan melalui tautan: https://bit.ly/DesainIGD_RSPR

Kriteria Desain

Desain diharapkan dapat menjawab masalah yang ada dalam pendahuluan dan maksud diadakannya sayembara ini, dengan tetap mempertimbangkan fungsi, estetika, dan sesuai dengan konteks lingkungan tapak. Rancangan dapat memanfaatkan potensi tapak yang memiliki ukuran terbatas.
Beberapa poin yang perlu dipikirkan:

  • kreativitas, inovasi, dan orisinalitas gagasan;
  • harmonisasi fungsi (IGD, parkir) dan estetika;
  • dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan (a.l. penghematan energi, pengoptimalan tanaman); dan
  • ikonis (sumbangan pencerahan arsitektural)

Ketentuan Produk

  1. Produk dalam bentuk softcopy dan hardcopy dengan ukuran A3, jenis kertas ivory atau kertas art paper, maksimal 6 lembar. Nomor Peserta dan nomor halaman wajib dicantumkan di setiap halaman panel pada pojok kanan atas. Nomor Peserta akan dikirimkan melalui WA atau email Peserta yang disampaikan pada saat Peserta mengisi formulir pendaftaran.
  2. Panel karya wajib mencakup sebagai berikut:
    Latar Belakang
    Analisis Tapak
    Konsep Desain
    Transformasi Desain
    Gambar Perancangan yang mencakup:
    — denah siteplan;
    — tampak (minimal 2 tampak);
    — detail arsitektur yang diterapkan pada desain;
    — potongan (minimal 2 potongan);
    — perspektif eksterior dan interior secukupnya; dan
    — 3D animasi dengan durasi maksimum 30 detik.
  3. Gambar diberikan notasi ukuran yang jelas dan terbaca dengan mudah.
  4. Skala gambar dapat menyesuaikan dengan ukuran kertas.
  5. Dilarang mencantumkan identitas apapun kecuali nomor peserta.

Ketentuan Umum

  1. Gagasan desain adalah karya asli peserta dan belum pernah mendapatkan penghargaan dalam suatu lomba/ sayembara atau sudah menjadi milik seseorang/ badan hukum maupun dipublikasikan dalam majalah/jurnal/seminar.
  2. Karya yang dinyatakan menang (poster hardcopy) akan menjadi hak milik panitia tetapi hak cipta karya tetap dipegang oleh peserta.
  3. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala gugatan/tindakan hukum yang dapat muncul dari hasil karya peserta yang disayembarakan ataupun sebagai dampak dari keikut sertaan peserta dalam sayembara ini (tuntutan plagiarisme).
  4. Panitia tidak melayani pertanyaan maupun surat menyurat selain mengenai ketentuan pelaksanaan sayembara.
  5. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang melakukan kecurangan, antara lain; mendaftarkan diri dengan identitas palsu.
  6. Dewan juri :
    Ketua merangkap anggota : Prof. Ir. Prasasto Satwiko, M.Build.Sc, Ph.D
    Anggota :
    1. Prof. Ir. T. Yoyok Wahyu Subroto, M.Eng., Ph.D, IPU
    2. Ir. Gregorius Antar Awal (G. Yori Antar)
    3. Prof. Ir. Henricus Priyosulistyo, M.Sc., Ph.D
  7. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  8. Panitia dan Dewan Juri tidak diperbolehkan mengikuti sayembara ini.

Ketentuan peserta

  1. Peserta bisa perorangan atau tim dengan jumlah maksimal 3 orang yang terdiri
    dari berbagai bidang terkait.
  2. Peserta adalah warga negara Indonesia.
  3. Setiap tim peserta hanya boleh mengajukan 1 (satu) karya.
  4. Seorang peserta dapat terlibat dalam 2 tim (maksimum), tetapi hanya boleh menjadi ketua tim di salah satu dari 2 tim yang diajukan.
  5. Peserta harus mendaftarkan diri ke Panitia Renovasi IGD Rumah Sakit Panti Rapih Jalan Cik Di Tiro 30 Yogyakarta 55223 melalui aplikasi google form: https://bit.ly/Sayembara_Pradesain_IGD
  6. Peserta membayar jaminan keikutsertaan sayembara sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) dan akan dikembalikan pada saat peserta memasukkan rancangannya. Apabila ternyata peserta tidak mengikuti proses perancangan maka jaminan keikutsertaan menjadi milik panitia. Nomor rekening pembayaran jaminan keikutsertaan sayembara akan dikirimkan melalui WA/email Peserta.
  7. Waktu pendaftaran dimulai tanggal 14 Februari 2022 sampai dengan tanggal 13 Maret 2022 pukul 23:59 WIB.
  8. Peserta akan mendapatkan informasi melalui technical meeting melalui daring (zoom meeting) pada tanggal 15 Maret 2022 dengan alamat yang akan dikirimkan melalui WA/email pendaftar.
  9. Peserta mengirimkan desain melalui email paling lambat tanggal 9 April 2022 pukul 23:59 WIB.
  10. Pengumuman atas seleksi tahap ke-1 akan diumumkan pada tanggal 23 April 2022 melalui email.
  11. Seluruh Peserta akan mendapatkan Sertifikat

Ketentuan Finalis

  1. Peserta yang lolos penjurian tahap ke-1 (finalis) dan masuk dalam 5 (lima) besar harus mengirimkan dokumen (hard copy) ke panitia melalui alamat: Panitia Renovasi IGD Rumah Sakit Panti Rapih, Jalan Cik Di Tiro 30 Yogyakarta 55223. Paling lambat diterima tanggal 30 April 2022.
  2. Peserta finalis/lima besar akan mempresentasikan karyanya pada tanggal 7 Mei 2022 secara daring.
  3. Ketua tim peserta (tidak boleh diwakilkan) diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan karyanya, dan 15 menit menjawab pertanyaan Juri.
  4. Hasil karya yang dimenangkan boleh dikembangkan/didetailkan oleh penyedia jasa perencanaan yang ditunjuk oleh Panitia.
  5. Pemenang bersedia dimintai pertimbangan oleh Perencana yang ditunjuk
    oleh Panitia.
  6. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang sebagai berikut:
    – Pemenang pertama : Rp50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah)
    – Pemenang kedua : Rp20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah)
    – Pemenang ketiga : Rp10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah)

Timeline Sayembara

14 Februari 2022 : Pembukaan Pendaftaran
13 Maret 2022 : Penutupan Pendaftaran
15 Maret 2022 : Technical Meeting
9 April 2022 : Batas Akhir Pengiriman Desain
23 April 2022 : Pengumuman Seleksi Tahap I
30 April 2022 : Batas Akhir Pengiriman Dokumen bagi Finalis (5 besar)
7 Mei 2022 : Presentasi Finalis

Narahubung :
M. Sujarwa – 0813 9020 8886
Leonardus Langku – 0812 2725 4930

Email :
igdrenovasi22@gmail.com

Mohon dapat memberikan rating