Mengenal dan Memahami Patah Tulang pada Anak

Pada saat ini animo masyarakat untuk menjaga kesehatan cukup tinggi, sehingga anak-anak pun ikut tertarik untuk melakukan aktifitas olah raga. Tapi sayang animo yang cukup besar tidak diimbangi dengan pengetahuan yang cukup bagaimana melakukan olah raga yang benar, sehingga menyebabkan sering terjadi cedera, dan salah satu yang paling sering terjadi adalah patah tulang (fraktur). Patah tulang bisa mengenai semua umur, termasuk pada anak-anak. Patah tulang pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Hal ini sangat penting diketahui karena keberhasilan diagnostik dan terapi penyakit ortopedik pada kelompok usia ini berbeda. Bentuk patah tulang yang unik pada anak-anak adalah hasil dari perbedaan anatomis, biomekanis dan fisiologi antara anak-anak dengan dewasa.

KARAKTERISTIK TULANG ANAK

Salah satu perbedaan tulang anak-anak dengan orang dewasa ialah adanya Lempeng Pertumbuhan (growth plate/lempeng epifisis) pada tulang anak-anak. Lempeng pertumbuhan berbentuk tulang rawan dan melekat erat pada metafisis (bagian tulang yang sudah dewasa yang baru dibentuk oleh lempeng epifisis. Keduanya dibungkus oleh selubung (periosteum) yang sangat tebal dan kuat, serta mampu menghasilkan tulang baru dalam proses penyembuhan tulang yang patah. Lempeng tulang membuat tulang menjadi lebih besar dan lebih panjang seiring dengan kepadatan tulang yang juga meningkat. Struktur anatomis tulang pada anak mempunyai fleksibilitas yang tinggi sehingga ia mempunyai kemampuan seperti “biological plasticity”. Hal ini menyebabkan tulang anak-anak dapat membengkok tanpa patah atau hancur, sehingga dapat terjadi gambaran fraktur yang unik pada anak yang tidak dijumpai pada dewasa. Pada anak-anak, pertumbuhan merupakan dasar terjadinya remodeling (kembali ke bentuk anatomi normal). Pertumbuhan diafisis (bagian tulang yang sudah dewasa) tulang panjang akan menghasilkan pertambahan panjang tulang. Secara spesifik, keberadaan lempeng pertumbuhan, periosteum yang tebal, serta kemampuan tulang anak-anak yang elastik seperti karet, dan kemampuan mengalami remodeling adalah dasar dari gambaran fraktur yang khas pada anak-anak.

FRAKTUR (Patah Tulang)

Terdapat beberapa fraktur yang sering terjadi pada anak, antara lain fraktur garis rambut, fraktur green stick (seperti ranting patah) dimana tulang tampak membengkok tanpa adanya garis fraktur, dan fraktur buckle atau torus (kompresi). Fraktur-fraktur ini termasuk fraktur yang tidak berat dan stabil, dan sembuh dalam 2-3 minggu dengan immobilisasi. Sedangkan, fraktur intra-artikuler (di dalam sendi) atau fraktur melibatkan fisis (fisis, epfisis, metafisis) berpotensi lebih berbahaya dan dapat berakibat jelek di kemudian hari.
Penyembuhan fraktur pada anak-anak mulai saat lahir sangat cepat dan berangsur-angsur berkurang setelah anak bertambah usianya. Sebagai contoh, fraktur femur (tulang paha) pada bayi baru lahir akan sembuh dalam waktu tiga minggu, pada anak usia 8 tahun akan sembuh dalam waktu 8 minggu, anak usia 12 tahun akan sembuh dalam 12 minggu, dan seterusnya.

GEJALA

Apabila anak mengalami cedera, orang tua bisa saja curiga ia mengalami patah tulang bila menemukan gejala-gejala seperti :

  1. Adanya riwayat cedera/trauma.
  2. Timbul rasa sakit/nyeri dan terjadi pembengkakan, kemerahan/kebiruan serta terasa panas di daerah yang patah.
  3. Terjadinya perubahan bentuk/deformitas
  4. Menurunnya fungsi hingga tidak dapat digerakkan daerah anggota gerak yang mengalami patah.
  5. Keterbatasan lingkup gerak sendi.

PENATALAKSANAAN

Prinsip utama penanganan patah tulang pada anak adalah secara konservatif (tanpa operasi), baik dengan cara manipulasi tertutup atau pun traksi berkesinambungan. Sebagian besar fraktur pada anak-anak dan remaja akan ditangani dengan reduksi tertutup dan pembalutan dengan gips atau traksi. Satu-satunya cara untuk menahan reduksi adalah dengan menggunakan gips. Fungsi utama gips adalah mencegah supaya tidak terjadi pergeseran pada tulang yang patah atau retak, mempertahankan kedudukan tulang yang patah dengan baik sehingga tidak terjadi angulasi (perubahan bentuk), dan menghilangkan rasa nyeri dengan menghambat pergerakan kedudukan tulang yang patah. Rata-rata gips dipasang selama 2-8 minggu, bergantung dari jenis patahnya dan timbulnya tulang baru yang disebut callus (lem tulang). Callus ini mulai timbul pada anak-anak dalam waktu 10 hari-2 minggu, adanya callus sebagai tanda bahwa penyembuhan sudah mulai terjadi. Untuk memastikannya, perlu dilakukan foto rontgen terlebih dahulu. Dalam kurun waktu 5-6 minggu patah tulang bisa sembuh total.
Perlu dilakukan observasi klinis yang regular dan kompeten oleh dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi pada kasus patah tulang pada usia anak, karena anak-anak belum dapat mendeskripsikan rasa nyeri, gangguan sensori, dan sirkulasi atau tanda-tanda komplikasi lainnya.

Kunjungi Klinik Ortopedi Rumah Sakit Panti Rapih untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar kesehatan kesehatan tulang.

ditulis oleh :
dr. Alexander Mateus, Sp.OT.

Dokter Spesialis Ortopedi Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

Informasi Pelayanan : 
Klinik Orthopedi (Bedah Tulang)
Lantai 4 Gedung Rawat Jalan Borromeus RS Panti Rapih Yogyakarta

Pendaftaran :
Pendaftaran 24 Jam (0274) 514004 / 514006
Aplikasi PantiRapihKU (Play Store dan App Store)

Rating untuk artikel/halaman ini : 4.83/5 (12)

Mohon dapat memberikan rating

Posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , , , , , , , , .

30 Comments

  1. Saya mau tanya ni dok, anak saya patah tulang paha pas lahir ( caesar) pada hari pertama saya tahu. Dan sekarang sudah 3 hari, saya bawa ke dokter tulang. Pertanyaan saya adalah? Apakah nanti dikemudian hari anak saya bisa berjalan normal? Ada 1 lagi pertanyaan saya tulang paha yang sambung ketulang paha itu bergeser, apakah bisa normal kembali ke bentuk semula?

    • Selamat siang Bapak Alex,
      apakah sebelumnya putra/putrinya sudah ada pemeriksaan dengan dokter sepesialis orthopedi di RS Panti Rapih? apabila belum ada, saran kami untuk melakukan pemeriksaan dahulu dengan dokter spesialis orthopedi kami.

      Terima kasih (ap)

    • maaf pak Alex apakah boleh tau penyembuhannya bagaimana ya pak? dan sekarang anak bagaimana?
      saya mengalami hal yg sama, tulang paha anak saya juga patah pas lahir proses cesar.
      mohon sharing mengenai solusi ini.
      jujur saya bingung posisi sekarang.
      terima kasih atas perhatiaannya

  2. Halo Doc
    Anak saya berumur 6 tahun 9 bulan mengalami kecelakaan pada tanggal 31 Juli kemarin, lalu dilakukan operasi pada tanggal 5 agustus. Setelah 18 hari dirontgen ulang karena adanya infeksi pada bekas luka operasi, dan saya belum melihat adanya callus di rontgen terbaru. Apakah saya perlu khawatir?

    • Selamat siang,
      mohon maaf atas keterlambatan kami dalam merespon pesan Anda.
      Terkait hal tersebut Bapak/Ibu dapat konsultasi dahulu dengan dokter yang menangani, supaya mendapatkan penjelasan secara detail.
      Terima kasih – ap

  3. Siang dok ..
    Dok saya mau tanya anak saya setahun yg lalu kecelakaan dan tulang kaki nya patah dan wktu itu saya sudah ke dr ortopedi dan di anjurkan untuk oprasi atau di gips cma wktu itu saya lebih memilih pengobatan alternatif dengan di urut di ahli patah tulang .. dan alhamdulillah normal dlam waktu 1blan dan bsa jalan kembali dok.. tapi setelah berjalan 1 tahun anak sya suka mengekuh sakit di bagian kaki yg patah dan ada pembengkakan jga dok tpi msih bisa berjalan normal .. apa kah pembengkakan itu normal atau apa ya dok .. mohon pernjelasan nya dok ..

    • Selamat pagi, Ibu Anita.
      Kami sarankan untuk mambawa putra Ibu periksa ke dokter spesialis bedah tulang untuk mengetahui secara menyeluruh sehingga dokter bisa melihat langsung kondisi kaki putra Ibu

    • Pagi dok, dok anak saya umur 7 tahun 1 bulan yg lalu tulang lengannya patah (radius ulna) sudah di lakukan pemasangan gips dari hari pertama jatuh, 3 minggu foto rontgen hasilnya tidak bagus. Posisi tulang lbh bergeser dari sebelumnya.. Apakah setelah satu bulan bs di dialihkan ke Pemasangan pen dok? Agar tulang ttp berada di posisinya.. Saya takut tulang tangan nya bengkok.. Mohon petunjuk dok.. Trimss

      • Selamat pagi Ibu Jeanne Mary

        terkait dengan apa yang disampaikan ibu, kami sarankan untuk langsung konsultasi dengan dokter spesialis orthopedi. Supaya mendapatkan penjelasan secara detail dan tepat untuk penanganannya.

        Salam hangat,
        Humas RS Panti Rapih

    • Selamat siang,
      Kami belum dapat memberikan saran jika belum memeriksakan diri ke Dokter. Akan lebih aman dan bijak karena berhubungan dengan masa depan anak dimasa depan, maka kami sarankan untuk periksa ke dokter yang terdekat.

  4. Selamat pagi Doc. Anak saya sekarang berumur 11 tahun .dulu dia mengalami patah tulang pergelangan tangan saat masih kelas 3 SD dan hanya pengobatan tradisional (di urut). Karena tdk tahan sakit,posisi tulang tanganx belum posisi normal sampai saat ini. Apakah hal demikian masih bisa di obati dok?

    • Selamat siang Ibu Rini
      Gejala utama patah tulang adalah nyeri hebat di area yang mengalami patah tulang. Nyeri akan bertambah parah ketika bagian tubuh yang mengalami patah tulang digerakkan. Secara umum, gejala yang bisa timbul saat seseorang mengalami patah tulang adalah:
      1. Nyeri hebat di area patah tulang
      2. Memar dan bengkak pada area yang mengalami cedera
      3. Tulang mencuat keluar dari kulit, pada patah tulang terbuka
      4. Kesemutan dan mati rasa di area yang mengalami patah tulang
      5. Sulit menggerakkan bagian tubuh yang mengalami patah tulang
      6. Deformitas atau adanya perbedaan bentuk pada area yang mengalami patah tulang

      Untuk mendiagnosis patah tulang, dokter akan terlebih dahulu menanyakan gejala, riwayat penyakit, dan riwayat cedera kepada pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian tubuh yang mengalami patah tulang. Saat pemeriksaan, dokter akan melihat area tubuh yang cedera, menyentuh dan menggerakkan area atau bagian tubuh yang dicurigai mengalami patah tulang. Guna memastikan diagnosis dan melihat tingkat keparahan patah tulang, dokter akan melakukan pemindaian, misalnya dengan Rontgen, CT scan, dan MRI. Pemeriksaan darah dan pemeriksaan kepadatan tulang juga bisa dilakukan untuk mencari tahu ada tidaknya penyakit lain yang meningkatkan risiko patah tulang.

      Kami sarankan untuk segera memeriksakan diri ke Dokter yang terdekat. Semoga jawaban ini dapat membantu Ibu Rini.

  5. Dok saya mau nanya, anak saya umur 2 tahun, mengeluh tangan kanannya sakit, sekarang belum mau menggerakkan. Patah atau kesleo yaa dok?
    Saya bingung kenapa, karena belum bisa lancar berbicara.
    Dan saya harus bagaimana ya dok?

    • Selamat pagi ibu Atika

      terkait hal yang disampaikan ibu, kami sarankan anak ibu untuk periksa dahulu di klinik tumbuh kembang anak.

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

  6. Halo dok,saya mau nanya,saya habis kecelakaan motor sampai patah tulang di kaki kanan bagian tulang kering/betis. Saya dianjurkan di operasi di panti rapih dan di pasang pen. Alhamdulillah operasi lancar Dan sudah 8 minggu sejak operasi sudah lepas kain pembalut,sudah lepas jaitan,dan sudah kering,bahkan memar dan bengkak sudah hampir hilang,dan sudah enak buat digerak2 an kaki saya, tapi dokter belum boleh mengijinkan kaki kanan saya menapak,pertanyaan saya.. kira2 di minggu ke 12 saya boleh menapak belum ya dok,karena saya bosan tidur dan ingin segera bekerja,

    • Selamat pagi Bapak/Saudara Erwan

      terkait dengan kondisi Bapak/Saudara, saran kami baiknya silahkan konsultasikan dengan dokter yang menangani agar lebih tepat.

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

  7. Slmat mlm dok.. maaf mau bertanya.. anak saya jatuh bermain.. bagian paha patah.. sekarang 2 bulan sudah tersambung.. tapi posisi tidak sama … Apakah itu bisa kembali normal dok.. anak umur 7 tahun

    • Selamat pagi Ibu Diana,

      terkait dnegan pertanyaan dari Ibu, kami sarankan untuk bertemu dan konsultasi dengan dokter Spesialis Ortopredi kami.

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

      • Selamat pagi dok anak saya kepleset dan tangan patah tulang baru pakai gip 11 hari kok sama dokternya sudah di buka gipnya apakah anak saya sudah benar” sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasa?

        • Selamat pagi Bunda Heni,

          Apakah hal ini sudah ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani, apabila belum saran kami kembali ke dokter spesialis orotpedi dan konsultasi apabila ada keraguan dan keluhan lebih lanjut.

          Salam hangat,
          Humas RS Panti Rapih

  8. Slamt malam dok izin bertanya.anak saya usia 14 bulan mengalami patah tangan dan patahnya sudah 3 bulan,tangan.y sudah kembali beraktifitas seperti biasa hanya saja lem pada tulangnya sudah menyatu namun tidak lurus, apakah tangan anak sya bisa lurus kembali dok setelah di gips dan setelah 3 bulan di diamkan apa bisa kembali lurus?

    • Selamat pagi Ibu Rahmadani

      terkait hal tersebut kami sarankan baiknya tetap dikonsultasikan dahulu dengan dokter Orthopedi yang menangangi.

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

  9. Dok, anak saya mengalami tulang retak bagian tulang kering dan tidak diopname melainkan diperban saja, pertanyaan saya bagaimana pengobatan dan perawatannya ? ini sudah 2 minggu .. Terimakasih

    • Selamat pagi Ibu Dika,

      Apabila berkenan silahkan untuk kontrol ke dokter spesialis orthopedi supayan mendapatkan penjelasan lebih detail.

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

  10. Selamat pagi dokter.

    Saya ingin bertanya, anak saya patah kaki, umur 2th, hanya di saran kan pakai gips saja, di pakai kurang lebih 5 minggu. Dan skrng sudah di bukak, kira” sudah 2 minggu. Yg saya ingin tanyakan. Apakah jalan anak saya akan lurus kembali, atau kaki nya tetap mereng ke samping dok. Karna saya perhatikan jalan nya blum bisa lurus seperti biasa nya. Terimakasih dok 🙏

    • Selamat pagi Ibu Suci,

      Terkait dengan yang disampaikan ibu, apabila masih ada keluhan saran kami sebaiknya kembalik ke dokter untuk konsultasi dan evaluasi, apabila dibutuhkan juga untuk pemeriksaan penunjang (radiologi).

      Salam hangat,
      Humas RS Panti Rapih

  11. Selamat malam dok
    Saya mau tanya ni dok, anak saya patah tulang paha pas lahir ( caesar) ,satu hari setelah lahir anak saya d pasang gips setelah 2 Minggu pemasangan gips akhirnya gips d buka TPI paha nya masih bengkak ,apakah yg bengkak itu bakal ilanh bengkak nya atau tidak??

  12. Dok tulang retak sama patah tulang beda atau sama dok, kaki saya retak di bagian tulang kering bekas jatuh dari motor dan ada robekan kecil lumayan dalem lalu di jait trus ada bengkakan saya kira karna jaitan jadinya bengkak, taoi setelah satu bulan dan jaitan dah di buka tetep ada bengkakan dok dan kalo di bawa jalan pincang

    • Selamat sore Bapak/Saudara Iqbal

      terkait dengan keluhan Bapak/Saudara, kami sarankan untuk konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah tulang, supaya mendapatkan penjelasan juga treatment yang tepat.

      Salam hangat, ‘
      Humas RS Panti Rapih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *