Teknik Nafas dalam dan Batuk Efektif Cetak
Ditulis oleh PPU RS Panti Rapih   
Kamis, 12 Februari 2015 08:15

Batuk EfektifBatuk pada dasarnya merupakan mekanisme tubuh mengeluarkan benda asing yang berada di saluran pernafasan atas. Salah satunya, bisa disebabkan oleh flu atau ISPA yang menyebabkan terjadinya lendir atau radang saluran pernafasan. Di musim pancaroba, di mana virus flu dan kuman penyebab ISPA banyak berkembang biak, batuk pun semakin menjadi. Untuk menanganinya, perlu dilakukan diagnosis terlebih dahulu agar diketahui penyebab ataupun jenis batuk yang diderita, kemudian barulah pengobatan bisa diberikan sesuai dengan penyakit yang diderita.

Apa itu Batuk Efektif?

Merupakan suatu metode batuk yang benar, dimana klien  dapat mengeluarkan energi dan mengeluarkan dahak secara maksimal.

Apa manfaat nafas dalam dan batuk efektif ?

1.    Memperbaiki fungsi pernafasan
2.    Mencegah pengempisan paru
3.    Memperbaiki ketahanan dan kekuatan otot-otot pernafasan
4.    Memperbaiki pola nafas yang tidak efisien
5.    Meningkatkan relaksasi

 

Teknik Nafas Dalam

Bagaimana melakukan teknik nafas dalam?

  1. Letakkan tangan pada uluhati
  2. Tarik nafas dalam melalui hidung secara perlahan, pertahankan  bahu tetap rileks, dada bagian atas tidak bergerak, dan biarkan rongga perut bergerak naik.
  3. Keluarkan udara secara perlahan melalui mulut, dengan  menguncupkan bibir.
  4. Lakukan 3 – 4 kali
  5. Pada tarikan nafas ke - 4,  keluarkan  nafas secara maksimal.
  6. Tarik nafas secara maksimal, tahan 3 – 5 detik
  7. Keluarkan udara secara  perlahan melalui mulut dengan menguncupkan bibir.
  8. Ulangi 5 – 10 kali, lakukan  sehari 3 – 4 kali.

Batuk berdahak batuk batuk

Bagaimana cara melakukan batuk efektif?

  1. Posisi duduk bersandar dengan leher sedikit menunduk
  2. Lakukan teknik pernafasan dalam
  3. Pada tarikan nafas ke - 4,tahan nafas dan  lakukan batuk 2 kali, kemudian keluarkan nafas perlahan melalui mulut.
  4. Pada tarikan  nafas ke – 5, lakukan batuk bersamaan dengan mengeluarkan nafas.
  5. Kencangkan otot-otot perut saat batuk
  6. Ulangi  5 – 10 kali, lakukan 3 – 4 kali sehari




Pemutakhiran terakhir pada Sabtu, 18 Maret 2017 10:06