Seminar Susu Sapi

Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
"Sakit panas anak yang tidak biasa dan bisa berkomplikasi ke jantung"

Penyakit Kawasaki
Mirip dengan kisah yang dialami dokter Kawasaki pada tahun 1967 di Jepang, seorang anak  5 tahun datang ke  seorang dokter  anak di  Yogyakarta dengan badan panas  terus menerus  selama 4 hari. Sang bunda sudah mencoba memberikan pengobatan sendiri di rumah, tapi tidak membaik, bahkan saat di bawa ke dokter , disertai dengan kedua mata kemerahan , kulit tampak ruam kemerahan di hampir di seluruh tubuh. Orang tua takut  jangan jangan si anak terkena Demam Berdarah, penyakit yang saat ini sedang musim nya atau  mungkin campak  ?

Demikianlah singkat kata , pada akhirnya si anak didiagnosis menderita penyakit Kawasaki, penyakit yang dinamai sesuai nama penemunya, yaitu penyakit panas yang tidak biasa karena bisa berakibat fatal dengan komplikasi menderita penyakit jantung bila tidak segera di tangani dengan tepat.  Misdiagnosis masih sering terjadi mengingat penyakit ini jarang dan belum populer disini. “ Apa itu Penyakit Kawasaki  dok “ sang Ibu bertanya terheran heran. Baru kali ini ia mendengar istilah itu.

Mengenal penyebab Penyakit Kawasaki

Marilah kita mengenali sejenak Penyakit yang ditemukan  Prof Kawasaki ini yang sekarang juga sudah bisa ditemukan di negara kita.

Balita dengan badan panas  terus menerus berhari hari dan mata merah tanpa belek disertai ruam kemerahan di sekujur tubuh adalah gejala yang umum ditemui pada penyakit ini. Orang kadang menganggap sebagai campak  ataupun takut sebagai  gejala demam berdarah. Namun ternyata gejala di atas disebabkan hal yang berbeda yaitu oleh karena adanya poliarteritis nodusa  istilah untuk adanya  peradangan pada  seluruh pembuluh darah  tubuh  ( disebut juga sebagai severe vasculitis ) , disertai pembengkakan pada kelenjar getah bening. Apakah peradangan ini disebabkan infeksi virus seperti halnya  virus measles pada campak atau virus dengue pada demam berdarah ? Bukan . Penyakit ini bukanlah sejenis penyakit panas biasanya yang disebabkan oleh infeksi dari berbagai kuman atau virus  namun ini adalah penyakit yang diduga lebih banyak disebabkan oleh teaksi kekebalan tubuh yang salah  kaprah yang justru -kekebalan itu- menyerang tubuhnya  sendiri ( autoimun disease ) , yang dalam hal ini adalah terjadi pembengkakan di sistem pembuluh darah si anak dan juga kelenjar getah bening.

Penyakit  ini  relatif jarang terjadi. Data menyebutkan di Amerika Serikat dalam setahun terjadi 3000 kasus. Di Jepang di negeri asal ditemukannya  tahun 19 67 hingga tahun 1999 terjadi  125 ribu anak terkena penyakit ini. Memang penyakit ini dikatakan lebih banyak menyerang etnik Asia meskipun tidak menutup kemungkinan mengenai etnik lainnya. 80 % yang terpapar adalah anak < 5 tahun. Anak laki laki punya risiko hampir 2 kalinya anak perempuan.

Dan apabila , oleh karena severity atau keberatan penyakitnya tidaklah fatal, dan si anak dapat lolos dari lubang jarum kematian, maka pada akhirnya kesembuhan yang terjadi akan meninggalkan parut serta kekakuan ( fibrotik ) pada pembuluh darahnya yang tentu saja akan menyebabkan  gangguan pasokan darah ke bagian jantung itu sendiri.  Anak sembuh dengan menderita penyakit jantung  oklusif ( sumbatan ) yang kronis. Inipun merupakan morbiditas / penderitaan yang tidak ringan.

Mengenali Tanda Klinik

Panas tinggi, bisa  lebih 40 Celsius, terus menerus. Tidak berespon dengan pengobatan antibiotika  atau antipanas dan apabila tidak segera terdiagnosis dan tidak mendapat pengobatan yang tepat  dalam 2 minggu pertama maka  panas dapat berlangsung hingga  satu bulan lamanya.

Dokter akan menegakkan diagnosis penyakit ini  sebagai {enyakit Kawasaki berdasarkan  panas  tinggi yang  berlangsung  beberapa hari  disertai  paling sedikit  munculnya 4  dari 5 tanda tanda khusus sebagai  berikut :

Lima tanda khusus Penyakit Kawasaki

1. Perubahan pada anggota gerak  ( fase akut : ruam pada telapak tangan atau kaki ; bengkak. Sub akut/ 2-3 minggu : pengelupasan di sekitar kuku kuku  jari)

2. Ruam ruam pada kulit tubuh ( seperti campak )

3. Kemerahan pada kelopak mata tanpa belek/ discharge

4. Perubahan pada bibir dan rongga mulut: kemerahan dan bengkak pada mukosa rongga mulut, bibir pecah pecah,  lidah strawberry .

5. Pembengkakan kelenjar getah bening ( > 1,5 cm ) pada leher.

Tanda tanda penyerta lainnya

  • Cardiovascular Finding

Congestive heart failure, myocarditis, pericarditis, valvular regurgitation

Coronary artery abnormalities

Aneurysms of medium-size noncoronary arteries

Raynaud,arthralgia

  • Musculoskeletal System

Arthritis, arthralgia

  • Gastrointestinal tract

Diarrhea, Vomiting, abdominal pain

Hepatic dysfunction

Hydrops of galibladder

  • Central nervous system

Extreme irritability

Aseptic meningitis

Sensorineural hearing loss

  • Genitourinary system

Urethritis/meatitis

  • Other findings

Erythema, induration at bacilli calmette-guerin (BCG) inoculation site

Anterior uveitis (mild)

Desquamating rash in groin

Pengobatan dan Prognosis

  • Mengingat bahwa penyakit ini adalah penyakit autoimun maka obat utama pada fase akut adalah obat obat suplemen  kekebalan tubuh ( gama globulin ) dan apabila terjadi komplikasi pembuluh darah jantung maka tentu saja memerlukan pengobatan khusus untuk mencegah penyumbatan  pembuluh darah terutama pembuluh darah koroner pada jantungnya  antara lain dengan pengencer darah, streptokinase , aspirin dan sebagainya.
  • Begitu beratnya komplikasi jangka panjang yang bisa terjadi terhadap jantung anak namun bila diobati tepat pada fase awal maka Penyakit Kawasaki ini dapat sembuh total tanpa komplikasi bermakna baik terjadinya penyakit koroner ataupun  aneurisma
  • Sehingga pesan yang paling tepat adalah waspada sedini mungkin pada anak yang menderita panas tinggi yang tidak biasa dengan tanda2 seperti yang sudah disebutkan  di atas,  segeralah berkonsultasi ke dokter sebelum terlambat.

Referensi:

  1. a) Kawasaki Disease. Anthony Harnden et all, BMJ 2009;338:b1514
  2. b) Diagnosis, Treatment and Longterm Management of Kawasaki Disease,Jane W. Newburger et   all, Circulation 2004;110:2747-2771
  3. c) Diagnosis and Therapi of Kawasaki Disease in Children, Dajani AS et all, Circulation 1995;87: 1776-1780
 
Iklan
Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen