Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
"Mam...kenapa sih aku harus disunat?"

Liburan sekolah telah tiba, beberapa anak laki-laki Sekolah Dasar pada liburan sekolah ini disunat. Ada yang ikut-ikutan teman-temannya, ada yang dorongan orang tua dan lainnya. Dan tidak sedikit dari mereka yang bertanya kepada ibunya, “ Mam… kenapa sih aku harus disunat?

Sunat atau khitan sudah dikenal dan dilakukan sejak beribu tahun yang lalu di beberapa negara , misalnya bangsa-bangsa Semit di Timur Tengah, Arab, Israel, Palestina dan  Indonesia. Alasan orang tua memilih menyunatkan anak laki- lakinya berbeda-beda misalnya berdasarkan keyakinan agama, alasan kebersihan, medis,  faktor budaya, adat istiadat  atau social dan lainnya.

Sunat dalam kehidupan sehari-hari mempunyai banyak istilah misalnya Circumsisi, Dorsumsisi, Khitan, Supit, Tetak (jawa), Sepit (banyumas), dll.  Dalam sunat, kulup yang menutupi penis dipotong, mengekspos ujung penis.

Anak laki-laki disunat tidak dibatasi usia  karena sunat bisa dilakukan mulai dari bayi baru lahir hingga dewasa, oleh ahli sunat tradisional seperti bengkong (bong supit), oleh tenaga kesehatan seperti  perawat, dokter umum, dokter bedah atau dokter lain yang biasa mengerjakannya. Namun di Indonesia biasanya anak disunat , pada waktu mereka duduk di bangku sekolah dasar (SD), atau pada saat memasuki masa akil balik, kecuali apabila ada alasan medis dapat dilakukan lebih dini, misalnya fimosis (kulup tidak dapat dibuka sehingga kesulitan buang air kecil), biasanya dialami oleh satu dari 20 bayi laki-laki. Makanya, ia sudah bisa disunat sebelum usia dua bulan, dll.

Sunat adalah prosedur operasi kecil yang sudah umum dimana anak laki-laki dilahirkan dengan tudung kulit, disebut kulup/prepusium, yang mencakup kepala (juga disebut glend) dari penis.  Pada kulup terdapat kelenjar minyak, padatan minyak yang lembab sulit dibersihkan yang terkadang menutupi jalan keluar urine (air seni), kotoran pada daerah ini biasa disebut smegma. Dalam Sunat, prepusium atau kulit kuncup ujung penis yang melipat dipotong, pembuluh darah ditutup, kemudian luka dijahit sehingga kepala penis terlihat, dengan masa penyembuhan luka sekitar 5-6 hari. Dipotong atau diirisnya kulit yang menutupi kepala penis ini sekaligus membersihkan daerah tersebut dari smegma. Dalam tindakan ini dilakukan bius lokal apabila pasien kooperatif (tidak takut, mengerti dan bisa diajak kerjasama). Bius lokal bisa berupa suntik atau semprot. Kemudian untuk pasien bayi, ketakutan atau tidak koopertif dilakukan bius total.

Manfaat utama dari sunat adalah membersihkan diri dari berbagai smegma atau kotoran serta penyebab penyakit yang mungkin melekat pada ujung penis atau zakar yang masih ada kulupnya. Sehingga penis menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.  Dengan demikian sunat dapat menghindari timbulnya berbagai penyakit. Misalnya, fimosis, parafimosis, kandidiasis, serta tumor ganas dan pra ganas pada daerah alat kelamin laki-laki. Dan, terbukti pula, penis laki-laki yang disunat lebih higienis. Beberapa bukti-bukti memperlihatkan bahwa  prosedur memotong kulup pada penis dapat mencegah sejumlah penyakit menular seksual dan juga riset menunjukkan sunat memotong risiko terkena HPV (Human Papiloma Virus = virus penyebab kanker leher rahim) dan herpes, perempuan yang berhubungan seks dengan pria yang bersunat sedikit kemungkinan terkena HPV dan infeksi bakteri.

Perawatan pasca sunat tidak sulit, biasanya dokter akan memberikan penghilang nyeri (analgesik), yang sebaiknya diminum secara teratur sesuai petunjuk dokter, jagalah alat kelamin  tetap bersih dan kering,  Penggantian perban dapat dilakukan setiap 2-3 hari tergantung perkembangan luka khitan, Lakukan kontrol rutin ke dokter yang mengkhitan pada hari ketiga dan pada hari kelima-ketujuh apabila luka khitan sudah betul-betul kering maka perban bisa dilepaskan secara total.

Akhirnya sebelum Anda membuat keputusan sunatan, penting untuk berbicara dengan dokter Anda dan mempertimbangkan beberapa isu, sehingga keputusan yang dibuat adalah yang terbaik untuk buah hati Anda.

 

Add comment


Security code
Refresh

Informasi Dokter

TELAH BERGABUNG
DI RS PANTI RAPIH

dr. Kalista Yuniar, SpKK

Dokter Spesialis Kulit & Kelamin

Jadwal Praktek

Selasa pukul 07.00 - 08.00

Kamis pukul 07.00 - 08.00

Jumat pukul 07.00 - 08.00

Ruang 512 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

dr. Johanes Britto Suharjo Brata Cahyono, Sp.PD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Senin pukul 09.00 - 11.00

Rabu pukul 10.00 - 12.00

Jumat pukul 09.00 - 11.00

Ruang 519 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A

Dokter Spesialis Penyakit Anak

Jadwal Praktek

Rabu pukul 12.00 - 14.00

Ruang 315 Lantai 3
Instalasi Rawat Jalan

dr. Vita Yanti Anggraeni, Sp.PD., Sp.JP

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Kamis pukul 16.00 - 17.30

Sabtu pukul 13.00 - 15.00

Ruang 514 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Iklan

Pendaftaran Online

Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 

Katering Gizi

Iklan
Iklan
Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id