Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
DISMENORE dan TATALAKSANA

DismenoreDismenore (dysmenorrhea) berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “dys” artinya sulit/nyeri, “meno” artinya bulan, “rrhea” artinya aliran/arus. Maka dismenore didefinisikan sebagai nyeri yang terjadi saat menstruasi. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu dismenore primer (nyeri menstruasi tanpa disertai kelainan panggul) dan dismenore sekunder (nyeri menstruasi disertai kelainan panggul).

Faktor risiko terjadinya dismenore antara lain menstruasi berat, siklus menstruasi tidak teratur, usia kurang dari 30 tahun, kekerasan seksual, haid pertama kali di usia <12 tahun, kurang gizi, obesitas, riwayat keluarga, dan merokok.

 

 

 

Dismenore primer dapat terjadi akibat produksi prostaglandin yang berlebihan oleh endometrium. Produksi prostaglandin ini dipengaruhi oleh kadar progesteron, yang meningkat pada saat atau segera setelah menstruasi dimulai. Prostaglandin ini menyebabkan kontraksi uterus sehingga dirasakan nyeri pada saat menstruasi. Dismenore sekunder dapat terjadi akibat endometriosis, adenomiosis, polip, tumor, infeksi, dan perlekatan.

Dismenore terjadi 6 – 12 bulan dari menstruasi pertama kali, selama siklus menstruasi, dan berlangsung selama 8 – 72 jam. Keluhan yang berkaitan dengan dismenore adalah nyeri punggung dan paha, sakit kepala, diare, mual dan muntah. Ada pula keluhan lain seperti nyeri saat berhubungan seksual, darah menstruasi yang terlalu banyak, perdarahan setelah senggama, dan perdarahan diantara jadwal menstruasi yang seharusnya.

Dokter akan mendiagnosis dismenore dengan menanyakan karakteristik nyeri menstruasi, riwayat infeksi atau keputihan, dan riwayat keluarga; dokter juga akan melakukan pemeriksaan panggul dan organ genital; bila perlu, dokter akan melakukan ultrasonografi transvaginal.

Tes lain yang berguna termasuk tes kehamilan gonadotropin chorionik manusia pada urin; usap vagina dan serviks, hitung darah lengkap, tingkat sedimentasi eritrosit pada urin, dan urinalisis. Sitologi serviks juga dapat dilakukan untuk menyingkirkan keganasan. MRI dapat digunakan sebagai pilihan diagnostik lini kedua

Terapi utama adalah obat anti inflamasi non-steroid seperti asam mefenamat dan ibuprofen. Pengobatan harus dilakukan satu sampai dua hari sebelum onset menstruasi dan dilanjutkan dengan jadwal tetap selama dua sampai tiga hari. Selain itu, dapat juga digunakan kontrasepsi hormonal sebagai pengobatan dismenore. Terapi lain selain obat-obatan adalah dengan berolah-raga dan kompres hangat.

jadwal dr danny wiguna

 

Informasi Dokter

TELAH BERGABUNG
DI RS PANTI RAPIH

dr. Kalista Yuniar, SpKK

Dokter Spesialis Kulit & Kelamin

Jadwal Praktek

Selasa pukul 07.00 - 08.00

Kamis pukul 07.00 - 08.00

Jumat pukul 07.00 - 08.00

Ruang 512 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

dr. Johanes Britto Suharjo Brata Cahyono, Sp.PD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Senin pukul 09.00 - 11.00

Rabu pukul 10.00 - 12.00

Jumat pukul 09.00 - 11.00

Ruang 519 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A

Dokter Spesialis Penyakit Anak

Jadwal Praktek

Rabu pukul 12.00 - 14.00

Ruang 315 Lantai 3
Instalasi Rawat Jalan

dr. Vita Yanti Anggraeni, Sp.PD., Sp.JP

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Kamis pukul 16.00 - 17.30

Sabtu pukul 13.00 - 15.00

Ruang 514 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Iklan

Pendaftaran Online

Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 

Katering Gizi

Iklan
Iklan
Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id