Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Operasi Kista dengan Metode Laparoskopi

Laparoskopi 1Metode operasi kista laparoskopi merupakan teknik pembedahan atau operasi yang dilakukan dengan membuat dua atau tiga sayatan kecil dengan diameter sekitar 5–10 mm di sekitar perut pasien. Satu lubang (10mm) pada pusar digunakan untuk memasukkan kamera yang kemudian ditayangkan ke layar monitor, sementara dua lubang (5mm) yang lain untuk peralatan bedah seperti penjapit, gunting, dan lain sebagainya.

Keuntungan:

  1. Nyeri paska operasi yang lebih berkurang karena teknik ini tidak memotong otot seperti yang dilakukan pada teknik operasi terbuka serta sayatan yang jauh lebih kecil (yang hanya sekitar 0,5‐1 cm saja) bila dibandingkan dengan sayatan 10cm pada operasi konvensional.
  2. Karena rasa nyeri paska operasi lebih berkurang maka penggunaan obat antinyeri (analgetik) lebih sedikit
  3. Resiko terjadinya perlengketan organ‐organ dalam perut (usus, rahim, saluran telur, indung telur) lebih sedikit
  4. Jumlah darah yang hilang ketika operasi lebih sedikit.
  5. Lama perawatan paska‐operasi (mondok) di RS lebih singkat, yakni 1‐2 hari, kalau teknik operasi terbuka dapat hingga 3‐5 hari.
  6. Masa penyembuhan yang lebih cepat.
  7. Pasien lebih cepat dapat kembali beraktifitas / bekerja sehari‐hari
  8. Kosmesis yang lebih baik, karena luka operasi yang jauh lebih kecil.bekas operasi lambat laun akan tampak tak terlihat.
  9. Dari segi ekonomi, karena waktu perawatan (mondok) yang lebih singkat, penggunaan obat antinyeri yang lebih sedikit, serta lebih cepatnya pasien dapat beraktifitas / bekerja kembali, maka teknik operasi dengan laparaskopi ini relatif lebih cost‐effective.

Laparoskopi 1

Kekurangan:

  1. Kurang sesuai untuk operasi kista yang relatif besar dikarenakan sulitnya teknik operasi
  2. Kurang sesuai untuk kista dengan kemungkinan keganasan
  3. Memerlukan peralatan laparaskopi yang cukup mahal
  4. Memerlukan skill dari dokter yang khusus yang memerlukan pelatihan khusus di bidang laparaskopi
  5. Memerlukan kerja sama tim yang baik dari perawat / asistan kamar operasi yang sudah terlatih dalam operasi laparaskopi
  6. Resiko terjadinya cedera organ dalam perut (usus, vesika, pembuluh darah)

Sumber : drcipto.com

 

Informasi Dokter

TELAH BERGABUNG
DI RS PANTI RAPIH

dr. Leonardo Simanjuntak, Sp.P., M.Kes.

Dokter Spesialis Paru

Jadwal Praktek

Senin pukul 16:00 - 17:00

Rabu pukul 16:00 - 17:00

Jumat pukul 16:00 - 17:00

Ruang 212 - Lantai 2 Rawat Jalan

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id