Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Kesehatan Ibu dan Anak
Mengenal Lebih Dekat Geriatri Ginekologi

Geriatri MenopauseDefinisi geriatri atau yang disebut juga lanjut usia menurut Departemen Kesehatan RI merupakan seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas. definisi dari geriatri ginekologi merupakan ginekologis patologis yang terjadi pada wanita yang telah menopause dan berusia lebih dari sama dengan 65 tahun ke atas. populasi lanjut usia di Indonesia terus meningkat diprediksi pada tahun 2050 akan menjadi 21.4% dan meningkat menjadi 41% pada tahun 2100. Tingkat populasi lanjut usia di Indonesia pada tahun 2100 juga diprediksi akan lebih tinggi dibandingkan dengan populasi lanjut usia di dunia, yaitu sebesar 41% dan 35.1%.

 

 
Preservasi Fertilitas pada Pria

priaSekitar 15% pasangan di dunia mengalami infertilitas. Infertilitas pada pasangan dapat terjadi karena tiga faktor. Sebanyak 1/3 dipengaruhi oleh faktor pria, 1/3 faktor wanita, dan 1/3 lainnya diakibatkan karena gabungan dari faktor pria dan wanita. Masalah gaya hidup seperti merokok dan obesitas dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan secara umum. Nutrisi juga memiliki pengaruh besar terhadap fertilitas pada pria. Saat ini, preservasi fertilitas dianggap sebagai pelayanan esensial di dunia medis diakibatkan karena perubahan sosial yang mengacu pada pernikahan di usia tua dan diikuti dengan perkembangan teknologi dalam pengobatan kanker dan cryobiology. Kanker sudah menjadi situasi yang signifikan dengan preservasi fertilitas nerupakan prosedur yang esensial. Data demografis global dan data epidemiologi menunjukkan peningkatan pada prevalensi kanker, dengan perkiraan 20 juta kasus kanker baru setiap tahunnya pada 2025.

 
Preservasi Fertilitas pada Wanita

WomanMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), preservasi memiliki arti memelihara atau menjaga. Tidak jauh berbeda dari KBBI, kamus medis Merriam-Webster mendefinisikan preservasi sebagai tindakan menjaga atau mempertahankan sesuatu yang khusus atau spesifik. Dengan demikian, preservasi fertilitas memiliki arti menjaga atau mempertahankan keadaan fertil (kesuburan) pada wanita dan pria.

Preservasi Fertilitas pada Wanita

Wanita dilahirkan dengan ±2 juta sel telur di dalam ovarium. Jumlah ini akan terus berkurang seiring berjalannya waktu karena wanita tidak memproduksi sel telur lagi setelah lahir. Saat ini, penyebab kematian kedua terbanyak pada wanita adalah kanker, yaitu sebesar 14%. Berkembangnya terapi onkologi menyebabkan tingkat kesuksesan terapi kanker (kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sum-sum tulang) meningkat dan juga meningkatkan kesadaran akan dampak jangka panjang dari terapi tersebut. Salah satu dampak jangka panjang yang sering terjadi adalah gangguan pada gonad. Selain itu, terapi kanker dapat menyebabkan menopause dini, rentang waktu kesuburan yang memendek akibat penuaan dini ovarium, dan juga dapat mengurangi kualitas sel telur. Kerusakan ovarium akibat terapi kanker berkorelasi dengan usia pasien saat terapi, jenis dan dosis, serta durasi terapi. Untuk terapi kanker yang menggunakan radiasi, dipengaruhi juga letak ovarium pada lapang radiasi. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara mengatasi atau mencegah terjadi efek samping akibat terapi kanker.

 

 
DISMENORE dan TATALAKSANA

DismenoreDismenore (dysmenorrhea) berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “dys” artinya sulit/nyeri, “meno” artinya bulan, “rrhea” artinya aliran/arus. Maka dismenore didefinisikan sebagai nyeri yang terjadi saat menstruasi. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu dismenore primer (nyeri menstruasi tanpa disertai kelainan panggul) dan dismenore sekunder (nyeri menstruasi disertai kelainan panggul).

Faktor risiko terjadinya dismenore antara lain menstruasi berat, siklus menstruasi tidak teratur, usia kurang dari 30 tahun, kekerasan seksual, haid pertama kali di usia <12 tahun, kurang gizi, obesitas, riwayat keluarga, dan merokok.

 

 
Peluang Kehamilan pada Wanita Usia Reproduksi dengan Anomali Uterus, Tuba Non Paten, Endometriosis, dan PCO

InfertilityInfertilitas menjadi salah satu masalah yang sekarang marak diperbincangkan. Seorang wanita dinyatakan infertil apabila belum pernah hamil meskipun berhubungan seksual secara teratur dengan pasangan tanpa perlindungan kontrasepsi dalam waktu satu tahun atau lebih. Rentang usia wanita yang dikategorikan infertil adalah sama dengan usia reproduktif yaitu 15 sampai 49 tahun. Risiko infertilitas meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Wanita pada usia 40 tahun hanya memiliki peluang 5% untuk hamil. Selain usia, ada banyak faktor lain yang mempengaruhi hal ini seperti gangguan organ reproduksi, gangguan ovulasi, kegagalan proses penempelan hasil konsepsi pada rahim, status gizi, penyakit kronis, infeksi panggul, gaya hidup dan faktor lingkungan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 Selanjutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 5

Informasi Dokter

TELAH BERGABUNG
DI RS PANTI RAPIH

dr. Johanes Britto Suharjo Brata Cahyono, Sp.PD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Senin pukul 09.00 - 11.00

Rabu pukul 10.00 - 12.00

Jumat pukul 09.00 - 11.00

Ruang 519 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A

Dokter Spesialis Penyakit Anak

Jadwal Praktek

Rabu pukul 12.00 - 14.00

Ruang 315 Lantai 3
Instalasi Rawat Jalan

dr. Vita Yanti Anggraeni, Sp.PD., Sp.JP

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Jadwal Praktek

Kamis pukul 16.00 - 17.30

Sabtu pukul 13.00 - 15.00

Ruang 514 Lantai 5
Instalasi Rawat Jalan

Iklan

Pendaftaran Online

Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 

Katering Gizi

Iklan
Iklan
Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id