Ortopedik & Traumatologi

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Urologi

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Kesehatan Ibu dan Anak

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”

testing testing
Manajemen Gizi pada Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan keadaan pradiabetes dgn ciri2:
1. Gemuk dgn perut buncit
2. Kadar trigliserid di atas 175 mg/dl
3. Kadar kolesterol LDL di atas 150 mg/dl
4. Kadar kolesterol HDL di bawah 45 mg/dl
5. Tekanan darah di atas 140/90 mmHg.
Jika ada 3 dari 5 tanda ini, diagnosis sindrom metabolik sudah dapat dibuat. Karena 2/3 kasus SM akan menjadi pasien diabetes (DM), maka diperlukan perubahan gaya hidup termasuk pola makan.

Penurunan berat badan

Hindari berat badan yg berlebihan dengan timbunan lemak di perut. Salah satu diet yg efektif utk menurunkan berat badan adalah diet vegetarian krn makanan yg tdd protein nabati spt kacang2an serta jamur,  dgn sayuran buah, dan sereal, biji2an serta umbi2an sbg
makanan sumber energi banyak mengandung serat dgn KH kompleks tapi tanpa lemak jenuh spt halnya pada protein hewani. Karena itu para penganut vegetarian umumnya bertubuh ramping (slim).

Hindari asupan lemak yg berlebihan

Pola masak dgn menggoreng memakai banyak minyak menjadi salah satu penyebab mengapa SM terjadi. Krn itu ahli gizi selalu menganjurkan cara menumis dalam menggunakan minyak. Setengah hingga satu sendok makan minyak dapat dipakai utk menumis sayuran, tahu atau tempe guna menghasilkan lauk untuk makan 2 orang dewasa. Sementara itu, ikan, ayam dan telur sebaiknya dimasak kuah spt sup, soto dan rawon.

Menggunakan minyak tak-jenuh

Gajih, jerohan, minyak kelapa dan santan yg kental, margarin, jelantah dan minyak sawit perlu dihindari saat memasak hidangan bagi pasien SM, DM dan dislipidemia. Sebagai pengganti bisa digunakan minyak tak-jenuh spt minyak kedelai dan minyak jagung. Utk dressing dapat digunakan minyak zaitun, minyak kacang dan minyak kanola yg kaya akan omega-9 atau MUFA. Alpukat dan mete juga merupakan sumber omega-9.

Karena omega-9 memiliki titik asap yg rendah, sebaiknya minyak ini tidak dipakai utk menumis atau menggoreng tapi sbg dressing salad atau campuran juice/blender. Omega-9 diyakini dapat menaikkan kadar kolesterol yg baik (HDL).

Sementara itu VCO bisa digunakan dalam diet SM krn sekalipun jenuh, minyak kelapa jernih kaya akan asam laurat yg memiliki rantai karbon pendek dengan peranan tersendiri. Sedangkan minyak kelapa yg keruh kaya akan asam miristat yg harus dihindari dalam diet rendah kolesterol lemak terbatas.

Hindari  KH sederhana

Selain gula dan tepung, buah yg manis seperti sawo, mangga, duren, nangka, dan kelengkeng tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yg manis seperti madu, gula aren dan buah yg manis (apalagi dalam bentuk juice) mengandung fruktosa yang akan menaikkan kadar TG darah. Jadi, makanlah buah yg tidak begitu manis seperti apel, melon, belimbing dan jambu. Buatlah blender yg kaya akan serat ketimbang juice yg tidak mengandung serat. Buah kalengan dalam sirup jelas harus dihindari. Makanlah sedikitnya 3 porsi sayuran dan 2 porsi buah utk meningkatkan asupan serat.

Zat gizi yg baik bagi kesehatan jantung

Anti-oksidan: buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan terbaik. Menu spt cap cay, sayur asam, urapan, trancam dan pecel merupakan pilihan yg baik krn kaya akan antioksidan yg ada di dalam warna sayuran atau buah. Hanya saja bumbu kacang yg digoreng dgn jelantah pada pecel tetap perlu dihindari dan diganti dgn bumbu kacang yg disangrai (atau dibuat dari kacang kulit). Kelapa muda yg parutannya dicampurkan dalam urapan atau trancam tidak banyak mengandung lemak spt santan kental.

Suplemen tidak perlu dikonsumsi selama kita makan buah dan sayuran. Bahkan sebuah penelitian di Finlandia terhadap sejumlah pria perokok yg minum suplemen alfa-tokoferol (vit E) dan beta-karoten memperlihatkan insidensi kanker paru 16% lebih tinggi daripada pria perokok yg tidak minum suplemen tsb. Kenaikan insidensi ini diperkirakan terjadi krn asupan beta-karoten yg tinggi pada populasi yg berisiko terkena kanker paru itu.
Jadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan buah dan sayuran tidak bisa digantikan dengan suplemen.

Omega-3

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak  esensial. Asupan yg cukup lewat dua atau tiga porsi hidangan ikan segar akan memberikan 1 sampai 6 gram omega-3 yg cukup utk mencegah gangguan pemb darah spt pada serangan janntung koroner dan stroke. Jenis ikan yg kaya akan omega-3 a.l. salmon, sardin, teri basah, mackerel, tuna, herring dan ikan laut dingin lainnya. Ikan tawar di daerah tropis juga mengandung omega-3 kendati kadarnya lebih rendah.  Bagi para vegetarian, omega-3 dapat diperoleh dari rumput laut dan flax seed oil. 

Kedelai

Tahu tempe merupakan sumber  isoflavon (fitokimia pangan) yg paling baik. Konsumsi kedelai diyakini memberikan pengaruh yg baik bagi kesehatan jantung. Mengganti protein hewani dgn protein kedelai dalam diet yg seimbang akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan TG dalam darah. Asupan  25 g protein kedelai (yg ada dalam 150 g tempe) dilaporkan dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung koroner. Krn itu ahli gizi umumnya menganjurkan para penyandang SM, DM dan dislipidemia untuk mengonsumsi 150 gram tempe per hari.

Sumber referensi:

Buku Terapi Gizi dan Diet, Penerbit EGC, Jakarta

NICUS
Nutrition Information Centre
University of Stellenbosch
Division of Human Nutrition
P.O. Box 19063 Tygerberg, 7505
Tel: (27) 021-933 1408
Fax: (27) 021-933 1405
E- mail: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Website: www.sun.ac.za/nicus/

Dr Andry Hartono, SpGK
Klinik MCU dan Gizi Medik RS Panti Rapih

 
Iklan

Informasi Kamar

Iklan

Polling

Menurut Anda bagaimanakah pelayanan di RS Panti Rapih?
 
Iklan

Katering Gizi

Iklan

Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Sakit Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Unggulan Indonesia, Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Yogyakarta, Peringkat Rumah Sakit Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Panti Rapih, Sahabat Untuk Hidup Sehat, Bedah Urologi terbaik Indonesia, Bedah Urologi Terbaik Jawa, Bedah Urologi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Bedah Tulang Ortopedi terbaik Indonesia, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Jawa, Bedah Tulang Ortopedi Terbaik Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Yogyakarta, Rumah Sakit Klinik Ibu dan Anak Terbaik Indonesia, Rumah Sakit Murah, Rumah Sakit dengan Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Yogyakarta Pelayanan Terbaik, Rumah Sakit Keluarga, Rumah Sakit Tipe A, Rumah Sakit Terakreditasi A, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat, Rumah Sakit Unggulan Masyarakat Indonesia, Rumah Sakit Unggulan Yogyakarta, Onder de Bogen

www.pantirapih.or.id